Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Legislator AS Desak Pemerintah Sanksi Aljazair karena Beli Senjata Rusia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 02 Oktober 2022, 14:05 WIB
Legislator AS Desak Pemerintah Sanksi Aljazair karena Beli Senjata Rusia
Jet tempur Rusia, Su-57/Net
Sejumlah legislator Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik dan Demokrat secara kompak menuntut pemerintah untuk menjatuhkan sanksi terhadap Aljazair karena membeli senjata Rusia.

Tuntutan itu dipimpin oleh anggota Kongres dari Partai Republik, Lisa McClain dengan dasar pelanggaran terhadap UU Melawan Musuh Amerika Melalui Sanksi.

Totalnya terdapat 27 anggota Kongres AS yang menandatangani surat yang ditujukan kepada Menteri Luar Negeri Antony Blinken.

“Tidak ada yang menutupinya, hubungan Aljazair yang berkembang dengan Rusia menimbulkan ancaman bagi setiap negara di seluruh dunia,” kata McClain, seperti dimuat The News Agency.

Aljazair melakukan kesepakatan senjata senilai lebih dari 7 miliar dolar AS dengan Rusia, termasuk jet tempur canggih Rusia yang belum pernah dijual sebelumnya.

"Saya meminta Sekretaris (Antony) Blinken untuk menegaskan otoritas sanksinya dan mengirim pesan bahwa Amerika Serikat tidak akan mentolerir dukungan diplomatik terhadap rezim tirani Putin," lanjut McClain.

Berdasarkan UU Melawan Musuh Amerika Melalui Sanksi yang disahkan pada tahun 2017, AS dapat memberikan sanksi kepada individu atau entitas yang terlibat dalam transaksi signifikan dengan seseorang yang merupakan bagian dari, atau beroperasi untuk atau atas nama, sektor pertahanan atau intelijen dari Federasi Rusia.

ARTIKEL LAINNYA