Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Venezuela dan AS Lakukan Penukaran Pembebasan Tahanan

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 03 Oktober 2022, 01:47 WIB
Venezuela dan AS Lakukan Penukaran Pembebasan Tahanan
Ilustrasi AS dan Venezuela/Net
Setelah pembicaraan panjang secara rahasia antara Venezuela dan Amerika Serikat selama  berbulan-bulan, kini kedua negara itu mengumumkan telah melakukan pertukaran tahanan yang dibebaskan pada Sabtu (01/10).

Dalam sebuah pernyataan yang dimuat CGTN News pada Minggu (2/10), Venezuela mengumumkan telah membebasakan tujuh orang tahanan yang berasal dari AS, dengan imbalan pembebasan dua warga negaranya yang ditahan di sana.

Pemerintah Venezuela mengatakan, dua pemuda Venezuela yang ditahan dengan "tidak adil" di AS telah dibebaskan, sementara tujuh warga AS pun telah dibebaskan dengan alasan kemanusiaan.

AS mengkonfirmasi pertukaran pada hari yang sama. Pemindahan tahanan terjadi di bandara di negara ketiga yang tidak disebutkan tempatnya.

Sementara Presiden AS Joe Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa orang Amerika yang "ditahan secara salah" oleh otoritas Venezuela akan segera dipersatukan kembali dengan keluarga mereka.

Di antara tujuh orang Amerika yang dibebaskan adalah lima eksekutif Citgo Petroleum yang berbasis di Houston dan satu mantan marinir.

Kelima eksekutif tersebut telah ditahan di Venezuela sejak 2017 atas dugaan korupsi dan pencucian uang. Pengadilan Venezuela memutuskan mereka bersalah dan menghukum mereka dengan hukuman penjara mulai dari delapan hingga 13 tahun pada tahun 2020 lalu.

Sementara itu menurut laporan dari pemerintah Venezuela, seluruh tahanan AS yang dibebaskan saat ini dalam kesehatan yang stabil dan mengaku senang bisa kembali pulang ke negaranya.

Sedangkan kedua orang Venezuela sedang dalam perjalanan kembali ke negara Amerika Selatan, menurut pejabat AS lainnya yang mengatakan kepada wartawan Reuters dalam sebuah briefing di telepon.

ARTIKEL LAINNYA