Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Untuk Kalahkan Rusia, Aktor Star Wars Ingin Ukraina Dikirimi Lebih Banyak Drone

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 03 Oktober 2022, 06:37 WIB
Untuk Kalahkan Rusia, Aktor Star Wars Ingin Ukraina Dikirimi Lebih Banyak Drone
Ilustrasi/Net
Ukraina harus dikirimi lebih banyak drone untuk mengalahkan Rusia, begitu menurut aktor Star Wars Mark Hamill dalam pernyataan terbarunya.

Berbicara selama wawancara dengan BBC, Minggu (2/10), aktor yang saat ini menjabat sebagai duta besar United24, sebuah gerakan yang mengumpulkan sumbangan amal untuk Ukraina, mengatakan bahwa Kyiv tidak memiliki drone sebanyak Moskow.

“Mereka memiliki beberapa drone tetapi tidak sebanyak Rusia," kata Hamill, seperti dikutip dari AFP.

Pemeran Luke Skywalker dalam Star Wars itu juga sempat melemparkan pujiannya untuk Presiden Ukraina Volodymir Zelensky yang ia sebut memiliki sifat heroik.

"Dan orang-orang Ukraina sangat menginspirasi. Dia pria yang luar biasa," ujarnya.

United24 berperan mengumpulkan dana untuk mendukung Ukraina lewat proyek Drone Army yang didirikan oleh pemerintah Ukraina untuk pengadaan pesawat tak berawak untuk membantu upaya perang.

Drone tersebut akan digunakan untuk memantau garis depan yang memiliki panjang 2.470 km dan memberikan respons yang efektif terhadap serangan musuh, menurut situs web proyek tersebut.

Rusia sendiri dilaporkan menggunakan pesawat tak berawak dari Iran untuk menyerang Ukraina di medan perang, menghantam logistik dan pusat komando dan kendali di belakang garis Ukraina.

Pejabat Ukraina mengatakan pesawat-pesawat itu telah digunakan untuk menyerang kota pelabuhan selatan Odesa hampir setiap hari.

“Drone ini cukup lambat, tetapi mereka juga membawa muatan yang kuat, jadi serangan dari mereka setara dengan serangan dari rudal,” kata Serhiy Bratchuk, juru bicara administrasi militer wilayah Odesa.

"Ini bisa berdampak psikologis pada penduduk," katanya, menambahkan bahwa dengan serangan drone itu Rusia telah melakukan aksi terorisme.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA