Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pilpres Brasil 2022: Berlangsung Sengit dan Mendebarkan, Pemilihan akhirnya Menuju Putaran Kedua

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 03 Oktober 2022, 07:35 WIB
Pilpres Brasil 2022: Berlangsung Sengit dan Mendebarkan, Pemilihan akhirnya Menuju Putaran Kedua
Pilpres Brasil 2022/Net
Rakyat Brasil tengah menyaksikan perlombaan yang sengit, yang bahkan -mengutip istilah netizen- lebih tegang daripada piala dunia, dalam pemungutan suara yang berlangsung pada Minggu (2/10). Masing-masing kandidat bersaing dengan sangat ketat.

Pemungutan suara ini akan menentukan apakah negara itu mengembalikan seorang sayap kiri ke pucuk pimpinan demokrasi terbesar keempat di dunia atau mempertahankan petahana sayap kanan untuk empat tahun lagi.

Lebih dari 70 persen suara telah dihitung, kandidat terdepan dan mantan presiden Luiz Inacio Lula da Silva dari Partai Buruh berada tepat di depan Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro.

Reuters melaporkan, Lula sedikit memimpin di depan dengan 45,7 persen suara dan  Bolsonaro 45.5 persen, seperti diumumkan otoritas pemilihan nasional dalam situsnya.

Meski memimpin, banyak yang berpendapat bahwa tipis kemungkinan Lula memperoleh 50 persen.

Pemenang harus mengamankan lebih dari 50 persen suara untuk menghindari pemilihan putaran kedua. Jika ternyata harus ada putaran kedua, maka itu akan terjadi pada 30 Oktober.

Melihat perolehan sementara ini, nampaknya memang akan terjadi putaran kedua. Itu membuat salah seorang fans berat Lula menjadi gemas.  

Liliane Carvalho, aktivis berusia 41 tahun yang mengenakan topi merah bertuliskan slogan: “Jadikan Lula Presiden Lagi”, mengungkapkan rasa gemasnya.

“Saya merasakan emosi yang tidak bisa dijelaskan. Ini seperti final Piala Dunia,” katanya. Ia sangat berharap Lula menuju kemenangan putaran pertama.

Sayangnya, hingga detik-detik menjelang akhir, Lula belum berhasil mencapai 50 persen.

Setelah 97 persen suara dihitung, veteran sayap kiri itu telah mendapatkan 47,88 persen suara, tidak cukup untuk menghindari pertikaian 30 Oktober dengan saingan sayap kanannya. Bolsonaro.

Pemilihan presiden Brasil yang sengit ini akan berlanjut ke putaran kedua.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA