Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demo Solidaritas untuk Perempuan Iran Meluas hingga ke Turki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 03 Oktober 2022, 09:16 WIB
Demo Solidaritas untuk Perempuan Iran Meluas hingga ke Turki
Para pengunjuk rasa memegang spanduk di luar konsulat Iran di Istanbul pada 29 September 2022/Net
rmol news logo Jalanan di Turki dipenuhi para pengunjuk rasa pada Minggu (2/10) waktu setempat. Mereka mengutuk tindakan keras Iran terhadap para demonstran perempuan atas kematian Mahsa Amini yang tewas setelah ditangkap oleh polisi moral.

Dilaporkan AFP dari Kota Istanbul, para demonstran, termasuk warga Iran di dalamnya meneriakkan slogan-slogan menentang rezim Teheran dan mendukung perempuan Iran.

Sementara di Diyarbakir, sebuah kota tenggara dengan mayoritas penduduk Kurdi, ada sekitar 200 orang berkumpul mengacungkan foto-foto wanita Iran yang terbunuh. Merkea juga membentangkan spanduk besar dengan slogan "wanita, kehidupan, kebebasan" dalam bahasa Kurdi.

Sebelumnya demonstrasi solidaritas yang dihadiri oleh ratusan orang juga diadakan di kota barat Izmir pada Sabtu malam, menurut gambar yang diterbitkan di media sosial dan diverifikasi oleh AFP.

LSM Hak Asasi Manusia Iran yang berbasis di Norwegia mengatakan pada hari Minggu bahwa sudah 92 orang telah tewas di Iran sejak dimulainya protes dua minggu lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA