Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDB Vietnam 2022 akan Menjadi Salah Satu yang Tertinggi di Asia Tenggara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 03 Oktober 2022, 11:29 WIB
PDB Vietnam 2022 akan Menjadi Salah Satu yang Tertinggi di Asia Tenggara
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pertumbuhan PDB Vietnam pada 2022 dan 2023 diyakini akan menjadi salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara.

Pernyataan itu dibuat oleh Menteri-Ketua Kantor Pemerintah Tran Van Son pada konferensi pers rutin pemerintah di Hanoi baru-baru ini, mengacu pada prediksi beberapa lembaga keuangan.

"Moody's, Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), dan Bank Pembangunan Asia (ADB) telah memproyeksikan Vietnam akan mencapai pertumbuhan PDB masing-masing sebesar 8,5 persen, 7,2 persen, 7 persen dan 6,5 persen tahun ini," katanya, seperti dikutip dari Vietnam Times, Senin (3/10).

Ekonomi kembali ke jalurnya, kata Son, mencatat bahwa pertumbuhan PDB mencapai 13,6 persen pada kuartal ketiga 2022 dan 8,83 persen dalam sembilan bulan pertama tahun ini, tertinggi sejak 2011.

"Pertumbuhan PDRB sembilan bulan melebihi 11 persen di 10 daerah. Hanoi dan HCM City mencatat pertumbuhan PDRB masing-masing sebesar 9,97 persen dan 9,69 persen, selama periode tersebut," kata Son.

Ia melanjutkan dengan mengatakan bahwa dari Januari hingga September, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan tumbuh 2,99 persen tahun ke tahun, industri dan konstruksi 9,63 persen, dan jasa 10,57 persen.

"Vietnam telah mempertahankan ekonomi makro yang stabil dengan inflasi terkendali dengan baik dan CPI naik 2,73 persen," demikian Son. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA