Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kudeta Burkina Faso, Pemimpin Terguling Kabur ke Togo

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 03 Oktober 2022, 12:45 WIB
Kudeta Burkina Faso, Pemimpin Terguling Kabur ke Togo
Pemimpin kudeta Burkina Faso pada Januari, Paul-Henri Damiba, dikudeta/Net
Setelah menyatakan mundur sebagai Presiden Burkina Faso, pemimpin kudeta yang digulingkan, Letnan Kolonel Paul-Henri Sandaogo Damiba dilaporkan telah meninggalkan negara itu dan pergi ke Togo.

Damiba mundur pada Minggu (2/10), setelah menerima tawaran junta militer, Ibrahim Traore yang berjanji akan memberikan jaminan keamanan dan persyaratan lainnya. Itu terjadi dua hari setelah Damiba digulingkan dalam aksi kudeta yang dipimpin Traore pada Jumat (30/9).

Kepergian Damiba ke Togo dikonfirmasi oleh dua diplomat. Dimuat Associated Press, belum diketahui apakah Togo akan menjadi tujuan akhirnya.

Sementara itu, perwakilan junta mengumumkan di televisi bahwa Traore secara resmi telah ditunjuk sebagai kepala negara.

Ini merupakan kudeta militer kedua di Burkina Faso pada tahun ini. Sementara kekacauan politik belum terlihat ujungnya, kerusuhan terjadi di ibukota Ouagadougou, di mana massa menyerang kedutaan Prancis dan situs-situs terkait Prancis yang diyakini telah melindungi Damiba.

Dalam negosiasi dengan junta, Damiba juga meminta Traore dan kepemimpinan junta baru untuk menghormati komitmen yang telah dibuat untuk blok regional Afrika Barat ECOWAS. Damiba, yang berkuasa dalam kudeta Januari lalu, baru-baru ini mencapai kesepakatan untuk mengadakan pemilihan pada 2024.

Dalam sebuah pernyataan Minggu malam, ECOWAS mengatakan akan mengirim tim mediasi ke Ouagadougou pada Senin, termasuk mantan Presiden Niger Mahamadou Issoufou.

ARTIKEL LAINNYA