Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Uni Emirat Arab Bangun Kementerian Ekonomi di Metaverse

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 03 Oktober 2022, 18:06 WIB
Uni Emirat Arab Bangun Kementerian Ekonomi di Metaverse
Museum of The Future, Dubai, Uni Emirat Arab/Net
Salah satu negara penghasil minyak utama di Timur Tengah, Uni Emirat Arab (UEA), tak henti-hentinya melakukan berbagai pembangunan modern dan inovasi teknologi canggih yang terus menggemparkan dunia.

Setelah membangun gedung pencakar langit tertinggi di dunia dan mengambil langkah berani dengan meluncurkan misi ke Mars, kini UEA berupaya untuk menjadi pelopor metaverse dengan mulai membangun kementerian ekonominya di sana.

Metaverse merupakan dunia online di mana pengguna akan dapat bermain, bekerja, dan belajar seperti di dunia nyata.

Meskipun masih dalam proses percobaan, Al Arabiya menyebut, proyek yang diluncurkan di Museum of the Future Dubai, diumumkan telah mulai dibangun.

"Mereka yang mengenakan kacamata virtual atau menggunakan cara lain untuk menjelajah akan menemukan kementerian kami terbuka untuk bisnis dengan perusahaan dan bahkan siap untuk menandatangani perjanjian bilateral dengan pemerintah asing," kata pihak menteri ekonomi UEA, pada Senin (3/10).

Politisi UEA, Abdulla bin Touq al-Marri dalam pidatonya di Majelis Metaverse Dubai, menyatakan perwakilan dari raksasa teknologi telah bekerja sama dengan banyak pengusaha dan pengembang untuk dapat mengeksplorasi potensi metaverse.

“Dalam beberapa tahun terakhir kami telah melihat investasi, kami melihat banyak perusahaan masuk, dan dengan pelonggaran visa, kami bisa melihat peluang besar itu datang,” kata al-Marri.

Dubai berambisi menjadi salah satu dari 10 ekonomi metaverse teratas dunia. Sehingga ia berusaha untuk menarik 1.000 perusahaan yang berspesialisasi dalam blockchain dan teknologi terkait, dibantu oleh aturan visa yang dilonggarkan untuk pekerja lepas, pengusaha, dan kreatif.

UEA telah memperkenalkan UU yang mengatur aset virtual dan badan pengatur untuk cryptocurrency.

Salah satu proyek metaverse sektor swasta pertama UEA disebut 2117, dinamai sesuai mimpi penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid yang ingin menjelajah Mars satu abad dari sekarang.

Menurut perusahaan Meta, yang memiliki Facebook dan raksasa media sosial lainnya, menunjukkan bahwa metaverse dapat meningkatkan PDB di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Turki dalam 10 tahun sebanyak Rp 5.522 triliun.

ARTIKEL LAINNYA