Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Teror Bom Bohong, Pesawat Mahan Air Iran Mendarat Selamat di China

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 03 Oktober 2022, 18:57 WIB
Teror Bom Bohong, Pesawat Mahan Air Iran Mendarat Selamat di China
Pesawat Mahan Air/Net
Pesawat maskapai Iran, Mahan Air, berhasil mendarat dengan selamat dengan tepat waktu di Guangzhou, China, meski sebelumnya muncul laporan terkait teror bom.

Pesawat Airbus 340 itu melakukan perjalanan dari Teheran ke Guangzhou pada Senin (3/10), seperti yang diberitakan ISNA.

Angkatan Udara India (IAF) mengaku telah menerima informasi terkait ancaman bom dari pesawat yang melewati wilayah udaranya. Kemudian mereka mengerahkan jet tempur.

Jet India mengikuti pesawat Iran pada jarak yang aman dan pesawat ditawari opsi untuk mendarat di dua bandara di barat laut India. Tetapi pilot menyatakan keengganannya untuk mengalihkan ke salah satu dari dua bandara tersebut.

“Pesawat penumpang Airbus 340 kami sedang melakukan perjalanan dari Teheran ke Guangzhou di China, dan segera setelah pilot mengetahui tentang kemungkinan bom dalam penerbangan, dia memberi tahu pihak berwenang terkait," kata Mahan Air, seperti dimuat Reuters.

IAF lalu mengatakan telah menerima informasi dari Teheran untuk mengabaikan ancaman tersebut dan penerbangan melanjutkan penerbangannya.

"Pusat kendali operasi Mahan mengetahui bahwa ancaman itu dibuat-buat dan penerbangan melanjutkan perjalanannya dengan keselamatan penuh," lanjut Mahan Air.

Pihak maskapai meyakini laporan bom di dalam pesawat bertujuan untuk mengganggu keamanan.

Berdasarkan data dari FlightRadar24, penerbangan Mahan Air W581 dari Teheran ke Guangzhou terbang berputar-putar beberapa kali di atas India utara, barat New Delhi, sebelum melanjutkan melintasi negara itu dan masuk ke Myanmar.

ARTIKEL LAINNYA