Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

100 Orang Tewas setelah Badai Ian Menghantam Florida

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Oktober 2022, 06:27 WIB
100 Orang Tewas setelah Badai Ian Menghantam Florida
Rumah-rumah hancur rata dengan tanah setelah Badai Ian di Florida/Net
Setidaknya 100 orang tewas saat Badai Ian melanda negara bagian Florida , AS. Jumlah ini meningkat dari beberapa hari sebelumnya, dengan ratusan ribu penduduk hidup tanpa listrik dan berjuang dari amukan badai yang  telah menyapu wilayah itu dalam beberapa hari.  

Badai Kategori 4 menghantam pantai barat daya Florida pada Rabu pekan lalu, menyebabkan kerusakan dahsyat. Angin menampar dengan kencang disertai gelombang badai yang berbahaya, melukiskan gambaran badai yang mengamuk.

Foto dan video baru yang muncul,  menunjukkan kekuatan badai yang dahsyat. di Pulau Captiva, sebuah pulau penghalang di Lee County tepat di dekat tempat Badai Ian mengamuk pertama kali, rumah-rumah nampak hancur dan nyaris tidak dapat dikenali.

Puing-puing, pohon tumbang dan kabel listrik tersebar di sekitar pulau. Pada sebuah dinding yang masih berdiri, tanda ketinggian air tercetak di sana, melukiskan kengerian tentang seberapa tinggi gelombang badai.

Kematian terjadi di beberapa kabupaten di Florida, termasuk 54 di Kabupaten Lee, 24 di Kabupaten Charlotte, lima di Kabupaten Volusia, masing-masing tiga di Kabupaten Collier dan Sarasota, dua di Kabupaten Manatee, dan masing-masing satu di Kabupaten Hillsborough, Danau dan Hendry, seperti dilaporkan ABC News.
Sheriff Kabupaten Lee Carmine Marceno mengatakan bahwa lebih dari 700 orang diselamatkan di daerah yang hancur itu.

"Sungguh berat hati saya mengatakan angka itu," kata Marceno, yang wilayahnya merupakan rumah bagi Fort Myers dan pulau penghalang Sanibel , mengatakan dalam video yang diposting ke Facebook.

Saat ini Badai Ian mulai mereda, tetapi permukaan sungai terus meningkat, terutama pada Senin (3/10).

Ahli Meteorologi Senior AccuWeather Alex Sosnowski mengatakan, "Tanah berpasir di Florida dapat menyerap hujan dalam jumlah ringan hingga sedang dengan cukup cepat, tetapi ketika Anda mendapatkan curah hujan 1-2 kaki, bahkan itu bisa menciptakan luapan,"  katanya.

Presiden Joe Biden dikabarkan akan mengunjungi Puerto Rico pada Senin, lalu melanjutkannya ke Florida pada Rabu waktu setempat.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA