Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Presiden Honduras Ucapkan Selamat atas Perolehan Suara Lula da Silva di Putaran Pertama Pilpres Brasil

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Oktober 2022, 10:26 WIB
Presiden Honduras Ucapkan Selamat atas Perolehan Suara Lula da Silva di Putaran Pertama Pilpres Brasil
Presiden Honduras Xiomara Castro/Net
Ucapan selamat dan dukungan disampaikan Presiden Honduras Xiomara Castro atas hasil suara yang diraih Luiz Inácio Lula da Silva dalam putaran pertama pemilihan presiden di negara itu.

Castro memposting ucapan selamatnya kepada Lula di akun Twitternya pada Senin (3/10). Dalam cuitannya, dia juga mengucapkan selamat kepada rakyat Brasil atas partisipasi mereka selama pemungutan yang digelar pada Minggu (2/10).

"Selamat kami yang paling tulus kepada @Lulaoficial dan rakyat Brasil atas partisipasi demokratis mereka dan hasil mereka di babak pertama," cuit Castro, seperti dikutip dari Prensa Latina, Selasa (4/10).

"Putaran kedua akan menjadi salah satu kemenangan dan perayaan bagi masyarakat Brasil," ujarnya.

Rakyat Brasil menyaksikan perlombaan yang sengit, yang bahkan -mengutip istilah netizen- lebih tegang daripada piala dunia, dalam pemungutan suara yang berlangsung pada Minggu (2/10). Masing-masing kandidat; mantan presiden Luiz Inácio Lula da Silva dan Jair  Bolsonaro, sang petahana, bersaing dengan sangat ketat.

Lula Da Silva yang didukung oleh 48,4 persen suara dan Bolsonaro memperoleh 43,2 persen suara, menjadikan pemilihan Minggu berlanjut pada putaran kedua, 30 Oktober mendatang.

Pemungutan suara ini akan menentukan apakah negara itu mengembalikan seorang sayap kiri ke pucuk pimpinan demokrasi terbesar keempat di dunia atau mempertahankan sang petahana dari sayap kanan untuk empat tahun lagi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA