Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bank Dunia Setuju Gelontorkan Rp 6,1 Triliun untuk Bantu Mesir Dekarbonisasi Sektor Logistik dan Transportasi

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 04 Oktober 2022, 15:18 WIB
Bank Dunia Setuju Gelontorkan Rp 6,1 Triliun untuk Bantu Mesir Dekarbonisasi Sektor Logistik dan Transportasi
Ilustrasi/Net
Proyek pembuatan jalur cepat untuk mengurangi emisi karbon dari sektor logistik dan transportasi Mesir mendapat dukungan finansial dari Bank Dunia.  Bank Dunia dalam pernyataannya mengatakan telah bersedia memberikan Rp 6,1 triliun untuk merampungkan pekerjaan tersebut.

"Pembiayaan itu akan mendukung pergeseran menuju transportasi rendah karbon di sepanjang bypass kereta barang dari Alexandria Mesir ke Greater Cairo Area (GCA)," kata Bank Dunia dalam keterangan persnya seperti dimuat Reuters pada Senin (3/10).

Dalam pernyataannya, disebutkan bahwa hampir 19 persen dari emisi gas rumah kaca Mesir berasal dari transportasi yang sekaligus menjadi sektor penyumbang emisi utama kedua setelah energi.

"Proyek ini akan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 965.000 ton selama 30 tahun, karena menjalankan kereta barang dengan jalur pintas memiliki jejak karbon yang lebih rendah daripada melalui jalan darat," jelasnya.

Menurut Menteri Transportasi Mesir, Kamel al-Wazir, proyek dekarbonisasi tersebut dilakukan untuk  memfasilitasi perdagangan dan partisipasi investor swasta tenaga kerja perempuan di sektor ini, yang sejalan dengan prioritas pembangunan nasional.

Proyek yang diberi nama Pengembangan Logistik Perdagangan Alexandria, akan membangun jalan pintas atau bypass kereta barang dari pelabuhan Alexanderian ke wilayah GCA yang padat penduduk.

Jalan pintas tersebut diperkirakan dapat dilalui 15 kereta kontainer setiap harinya pada tahun 2030 dan akan mulai dibangun pada 6 Oktober mendatang.

Sejauh ini, Mesir dan Bank Dunia telah menjalin kerjasama di 15 proyek, termasuk bidang perawatan kesehatan, jaminan sosial, kewirausahaan dan transportasi, senilai Rp 86,7.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA