Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Balas Aksi Moskow, Jepang Usir Diplomat Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 05 Oktober 2022, 06:04 WIB
Balas Aksi Moskow, Jepang Usir Diplomat Rusia
Kedutaan Besar Rusia di Jepang/Net
Pemerintah Jepang mengusir konsulat Rusia di Sapporo (Hokkaido) dan meminta untuk segera meninggalkan negara itu dalam waktu enam hari.

Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi pada Selasa (4/10) mengatakan konsulat itu sebagai persona non grata atau orang yang tidak diinginkan dan harus meninggalkan negara itu pada Senin depan.

Duta Besar Rusia untuk Jepang Mikhail Galuzin telah diberitahu mengenai keputusnan ini.  Hayashi juga membenarkan bahwa keputusan tersebut adalah sebagai tanggapan atas langkah Rusia yang telah mengusir diplomatnya, seperti dilaporkan Sputnik.

Bulan lalu, Rusia menahan konsul Jepang di Vladivostok, Tatsunori Motoki,  atas tuduhan spionase dan memerintahkan agar ia kembali ke Jepang.

Tatsunori tertangkap basah menerima informasi tentang kerja sama Rusia dengan Asia- Negara kawasan Pasifik serta dampak ekonomi dari sanksi Barat terhadap Rusia dengan imbalan "hadiah uang."

Dalam sebuah video dari Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB) memperlihatkan diplomat itu mengakui kesalahannya karena melanggar hukum Rusia. Moskow kemudian menyatakan protes ke Jepang melalui saluran diplomatik, dan Tatsunori  dinyatakan persona non grata.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA