Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Terkena Longsoran Salju, Sepuluh Pendaki Himalaya Tewas

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 05 Oktober 2022, 08:37 WIB
Terkena Longsoran Salju, Sepuluh Pendaki Himalaya Tewas
Longsoran di Himalaya/Net
Peristiwa mengenaskan dialami sepuluh pendaki yang dipastikan tewas terkena longsoran salju di negara bagian Uttarakhand, India pada Selasa (4/10) waktu setempat.

Insiden berawal ketika beberapa orang dilaporkan hilang setelah lebih dari 170 peserta pelatihan dari Institut Pendakian Gunung Nehru melakukan ekspedisi ke puncak Danda Draupadi di pegunungan Gangotri ketika longsoran salju melanda di pagi hari dan menjebak 29 di antaranya.

"Kami telah menemukan 10 mayat. Upaya sedang dilakukan untuk menyelamatkan orang lain yang terperangkap," kata Rakesh Meher dari Institut Pendakian Gunung Nehru, seperti dikutip dari The National, Rabu (5/10).

Sementara itu Perwira Pasukan Tanggap Bencana Negara Ridhim Aggarwal mengatakan sejauh ini sudah ada delapan orang yang telah diselamatkan.

“Sisanya masih terjebak di celah. Salju turun satu jam yang lalu. Angkatan Udara dan tim penyelamat lainnya ada di sana,” katanya.

Petugas manajemen bencana Uttarkashi, Devendra Patwal, mengatakan proses evakuasi menjadi sulit karena terhalang oleh cuaca buruk.

"Delapan pendaki gunung yang diselamatkan belum dibawa, kami menunggu kondisi yang menguntungkan untuk melanjutkan upaya penyelamatan," katanya.

Kedua puncak tersebut diyakini memiliki ketinggian lebih dari 5.600 meter.

Kepala Menteri Uttarakhand Pushkar Singh Dhami mengatakan anggota Pasukan Tanggap Bencana Nasional, pasukan tanggap bencana negara bagian dan Polisi Perbatasan Indo-Tibet telah bergabung dalam upaya penyelamatan.

“Puncaknya sekitar 16.000 kaki. Mereka adalah bagian dari dua kursus pelatihan pendakian gunung dasar dan ketika mereka sedang dalam misi ke puncak ketika longsoran salju melanda. Delapan dari mereka berhasil diselamatkan sementara 21 mengalami luka-luka,” kata Vivek Kumar Pandey, seorang pejabat Polisi Perbatasan Indo-Tibet kepada saluran berita lokal.

Dia mengatakan helikopter dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan.

“Kami berharap bisa menyelamatkan semua yang terjebak pada sore hari,” katanya.

Uttarakhand adalah salah satu tujuan pendakian gunung teratas di India. Setiap tahun, ribuan orang mengunjungi puncak Himalaya di negara bagian itu pada bulan Oktober ketika musim hujan selama berbulan-bulan berakhir.

Tetapi cuaca ekstrem dan tanah longsor telah menjadi hal biasa di negara bagian Himalaya dalam beberapa tahun terakhir, sesuatu yang oleh para ahli dikaitkan dengan perubahan iklim.

Oktober lalu sedikitnya 15 pendaki tewas setelah jatuh ke jurang menyusul hujan salju lebat di dekat Lamkhaga Pass setinggi 5.200 meter.

Sementara itu pada Februari 2021, lebih dari 200 orang tewas setelah longsoran gletser menyebabkan banjir bandang yang melanda distrik Chamoli.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA