Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sarankan Dialog, PM Modi ke Zelensky: Tidak Ada Solusi Militer untuk Konflik Rusia-Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 05 Oktober 2022, 10:57 WIB
Sarankan Dialog, PM Modi ke Zelensky: Tidak Ada Solusi Militer untuk Konflik Rusia-Ukraina
Perdana Menteri Narendra Modi dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
India kembali mengingatkan agar konflik Rusia dan Ukraina diselesaikan lewat jalan diplomasi, bukan melalui perang senjata.

Hal itu terungkap saat Perdana Menteri Narendra Modi melakukan percakapan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Selasa (4/10) waktu setempat.

"Perdana Menteri mengulangi seruannya untuk penghentian awal permusuhan dan kebutuhan untuk menempuh jalur dialog dan diplomasi. Dia menyatakan keyakinannya yang teguh bahwa tidak ada solusi militer untuk konflik tersebut," kata Kantor Perdana Menteri dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Hindustan Times, Rabu (5/10).

Selama percakapan telepon, Modi juga menyampaikan kesiapan India untuk berkontribusi dalam upaya perdamaian Ukraina dengan Rusia dan bahwa tidak ada solusi

Modi juga mengatakan bahwa membahayakan fasilitas nuklir di Ukraina dapat memiliki konsekuensi yang luas dan bencana bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Ia juga menegaskan kembali pentingnya menghormati Piagam PBB, Hukum Internasional, dan kedaulatan dan integritas teritorial semua negara.  

Percakapan Modi dan Zelensky terjadi beberapa hari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani perjanjian untuk menyerap wilayah Luhansk, Donetsk, Kherson dan Zaporizhzhia di Ukraina ke Rusia.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA