Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Fadli Zon: Multilateralisme akan Menjadi Kekuatan untuk Bersatu, Bukan Keberpihakan

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 05 Oktober 2022, 23:00 WIB
Fadli Zon: Multilateralisme akan Menjadi Kekuatan untuk Bersatu, Bukan Keberpihakan
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Fadli Zon saat berbicara di forum pra-P20/Repro
Banyaknya krisis yang melanda dunia saat ini, rentan memicu konflik dan perdebatan antar negara. Untuk itu, diperlukan dialog dan kerja sama  yang memungkinkan semua pihak duduk bersama untuk  menyuarakan aspirasi masing-masing.

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Fadli Zon, menyoroti pentingnya gerakan Multilateralisme yang dapat mempersatukan negara dan menghindari perselisihan, saat berbicara di forum pra-P20

"Multilateralisme akan menjadi kekuatan untuk bersatu, bukan keberpihakaan, kerja,sama bukan sendiri-sendiri, dan saling bersinergi bukan berselisih," ujarnya dalam pidato pembuka Parliamentary Forum in the Context of the G20 Parliamentary Speakers Summit di Gedung DPR RI, Jakarta pada Rabu (5/10).

Fadli percaya bahwa multilateralisme adalah satu-satunya jalan yang bisa menjembatani berbagai perspektif dari banyak negara dan mengatasi berbagai masalah global.

"Kita bisa mempercai multilateralisme, karena dapat menjembatani berbagai pandangan dari banyak negara dan mengatasi berbagai masalah yang kita hadapi bersama agar dapat hidup berdampingan dengan aman, damai dan sejahtera," jelasnya.

Kepada forum Fadli mengatakan,  P20  memiliki satu tujuan, tantangan, dan harapan yang sama. Untuk itu, aksi nyata sangat diperlukan untuk menyelesaikan semua masalah yang menjadi tantangan bersama.

"Kita tidak memiliki waktu untuk diam dan menyalahkan satu sama lain, ini adalah saatnya untuk bergerak bersama. kita harus memperjuangkan harapan itu agar terealisasi. Kita harus melakukan aksi nyata untuk menyelesaikan semua masalah tersebut," tegasnya.

Ia mengimbau agar parlemen yang ada di dalam forum tersebut dapat menjamin kebijakan yang buat dilakukan dengan aksi konkrit untuk menjaga kerjasama global.

"Saya sangat percaya diri bahwa kita akan memiliki forum yang akan menghasilkan sesuatu hari ini. dengan lebih banyak solidaritas dan kebersamaan yang kita miliki, sangat mungkin untuk sembuh lebih kuat dan lebih berkelanjutan," pungkasnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA