Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Serangan Udara Hancurkan Penampungan Orang Terlantar di Tigray, 50 Tewas

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 06 Oktober 2022, 06:58 WIB
Serangan Udara Hancurkan Penampungan Orang Terlantar di Tigray, 50 Tewas
Ilustrasi/Net
Sedikitnya 50 orang tewas dalam serangan udara yang menghantam gedung sekolah.  Selama ini, gedung itu digunakan untuk melindungi  orang-orang yang terlantar akibat konflik di wilayah Tigray, Ethiopia utara.

Seorang pekerja bantuan di Shire mengatakan kepada Reuters, selain 50 tewas dan 70 orang yang terluka.

"Orang-orang yang selamat dari serangan mengatakan kepada pekerja kemanusiaan setelah melarikan diri ke kota Shire, sekitar 25 km jauhnya, bahwa setidaknya 50 orang telah tewas dan lebih dari 70 terluka," katanya.

Namun, data lain diungkapkan oleh kantor hubungan eksternal pemerintah daerah Tigray yang mengatakan  bahwa 65 orang tewas dan 70 terluka dalam serangan itu.

Serangan udara yang terjadi di kota Adi Daero pada Selasa (4/9) itu tampaknya menjadi salah satu yang paling mematikan selama dua tahun belakangan.

Serangan udara paling mematikan sebelumnya dalam perang terjadi pada Januari, ketika 59 orang tewas di sebuah kamp pengungsi di kota barat laut Dedebit, menurut kantor hak asasi manusia PBB.

Pada bulan September, 10 orang tewas dalam serangan pesawat tak berawak kembar di lingkungan perumahan di ibukota regional Mekelle.

Tigray telah dilanda beberapa serangan udara sejak pertempuran berlanjut pada akhir Agustus antara pasukan pemerintah dan sekutu mereka dengan pemberontak TPLF di Ethiopia utara.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA