Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tandatangani MoU, Kerjasama Pendidikan Indonesia-Brunei Darussalam Semakin Meningkat

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 06 Oktober 2022, 07:41 WIB
Tandatangani MoU, Kerjasama Pendidikan  Indonesia-Brunei Darussalam Semakin Meningkat
KBRI Bandar Seri Begawan memfasilitasi kerjasama pendidikan antara perguruan tinggi Indonesia dan Brunei Darussalam/Net
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bandar Seri Begawan telah menjembatani kesepakatan kerja sama dalam bidang pendidikan yang semakin meningkat antara perguruan tinggi Indonesia dengan perguruan tinggi Brunei Darussalam.

Dubes RI untuk Brunei Darussalam, Dr Sujatmiko mengadakan pertemuan dengan para dosen dan empat rektor perguruan tinggi dari Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Universitas Dharmawangsa Medan, Universitas Nusa Putradi Sukabumi, dan Institut Agama Islam Negeri Ambon yang sedang berada di Brunei Darussalam pada Sabtu (1/10).

Keempat perguruan tinggi tersebut hadir atas undangan dari Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) Brunei Darussalam untuk menghadiri acara wisuda KUPU SB yang ke-12, sembari membahas kerja sama yang akan dilakukan antar universitas untuk memperkuat hubungan.

Acara ini turut dihadiri oleh Sultan Brunei Haji Hassanal Bolkiah dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam.  

Dalam pertemuan ini KUPU SB dengan empat universitas dari Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Brunei Darussalam.

Setelah MoU selesai ditandatangani, Dubes Sujatmiko berharap agar kesepakatan ini dapat benar-benar dilaksanakan dan memberikan manfaat bagi pendidikan Indonesia untuk bisa merasakan manfaat dari kerja sama ini secara nyata.

“Saya mengucapkan selamat dan menyambut baik semua MoU kerjasama di bidang pendidikan yang telah ditandatangani oleh perguruan tinggi di Indonesia dan di Brunei Darussalam. Namun, yang lebih penting, saya juga sangat mengharapkan implementasi secara penuh dan aktif dari semua kesepakatan tersebut, sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi dunia pendidikan Indonesia”, kata Dubes Sujatmiko dalam pesannya yang dimuat dalam siaran pers KBRI Bandar Seri Begawan yang dibagikan pada Rabu (5/10).

Selain KUPU SB, penandatanganan kerja sama dalam bidang pendidikan juga telah dilakukan oleh Universitas Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam dengan keempat universitas Indonesia tersebut.

Selanjutnya, dalam kunjungan ke Brunei kali ini, rombongan pimpinan dan dosen keempat perguruan tinggi di Indonesia telah mempergunakan kesempatan ini untuk melakukan pertemuan tatap muka dengan seluruh jajaran pimpinan dari Universiti Brunei Darussalam.

ARTIKEL LAINNYA