Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Australia dan Pemimpin Kepulauan Solomon akan Bertemu, Diduga Bahas Pengaruh China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 06 Oktober 2022, 10:04 WIB
Presiden Australia dan Pemimpin Kepulauan Solomon akan Bertemu, Diduga Bahas Pengaruh China
Perdana Menteri Kepulauan Solomon/Net
rmol news logo Di tengah kekhawatiran meningkatnya pengaruh China, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese akan bertemu dengan pemimpin Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare di Canberra pada Kamis (6/10) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menjelang pertemuan, Albanese mencatat pentingnya hubungan Australia dengan negara Pasifik.

"Hubungan kami dengan Kepulauan Solomon sangat penting," kata Albanese, seperti dikutip dari 9News.

"Sebagai anggota Keluarga Pasifik, kami berkomitmen untuk bekerja sama menghadapi tantangan bersama dan mencapai tujuan bersama, termasuk tentang perubahan iklim," ujarnya.

"Saya berharap dapat terlibat dengan Perdana Menteri Sogavare dalam membangun kawasan Pasifik yang kuat dan makmur, berdasarkan prinsip-prinsip transparansi, rasa hormat, dan kemitraan," tambah Albanese.

Pertemuan antara Albanese dan Sogavare terjadi hanya sebulan setelah Australia dan Kepulauan Solomon terlibat perselisihan politik gerkait penundaan pemilihan umum di negara itu.

Sogavare menuduh pemerintah Albanese mencoba ikut campur dalam demokrasi negara itu setelah Australia menawarkan bantuan pendanaan pemilu.

Penandatanganan pakta keamanan Kepulauan Solomon dan China yang menimbulkan kekhawatiran bagi Australia dan AS juga diperkirakan akan menjadi bahan diskusi selama pertemuan Albanese dan Sogavare.

Kepulauan Solomon dan China menandatangani kesepakatan keamanan yang kontroversial pada bulan April, yang menimbulkan kekhawatiran bahwa Beijing dapat mendirikan pangkalan angkatan laut di Kepulauan Solomon, yang terletak kurang dari 2000 km dari pantai Queensland. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA