Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Penobatan Charles III sebagai Raja Inggris Kemungkinan Digelar Juni 2023

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 06 Oktober 2022, 14:36 WIB
Penobatan Charles III sebagai Raja Inggris Kemungkinan Digelar Juni 2023
Raja Inggris Charles III dan Permaisuri Camilla duduk di Westminster Hall, saat Parlemen menyampaikan belasungkawaatas kematian Ratu Elizabeth II, di London/Foto;AP
Meskipun sudah otomatis menggantikan mendiang Ratu Elizabeth II sebagai Raja Inggris, penobatan resminya diperkirakan baru akan dilakukan pada Juni tahun depan.

Hal itu diungkapkan seorang pejabat pemerintah Inggris yang berbicara dengan syarat anonim sebelum pengumuman publik.

"Tanggal penobatan Raja Charles III diperkirakan pada 3 Juni tahun depan dalam sebuah upacara di Westminster Abbey," kata pejabat itu, seperti dikutip dari The National, Kamis (6/10).

"Rencana-rencana berkumpul pada hari Sabtu itu menjelang awal musim panas meskipun diskusi mengenai hari-hari lain yang akan menjadi hari libur resmi masih berlangsung," lanjutnya.

Hampir 70 tahun setelah ibunya dimahkotai, penobatan tersebut akan menjadi pusat dari hari-hari perayaan untuk menandai awal dari pemerintahan raja.

Raja Charles naik takhta bulan lalu setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II.

Pada Juni tahun depan dia akan berusia 74 tahun, menjadikannya orang tertua yang dinobatkan sebagai Raja dalam sejarah Inggris.

Telah dilaporkan secara luas bahwa penobatan Charles III akan lebih sederhana dari upacara sebelumnya.

Ini berbeda kerika ibunya, Ratu Elizabeth II dimahkotai pada tahun 1953. Tercatat ada lebih dari 8.000 tamu dari 129 negara melakukan perjalanan ke Westminster Abbey di pusat kota London.

Istana Buckingham menolak berkomentar mengenai laporan tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA