Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

India Kecam Uji Coba Rudal Korut di Atas Langit Jepang

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 06 Oktober 2022, 18:03 WIB
India Kecam Uji Coba Rudal Korut di Atas Langit Jepang
Perwakilan Tetap India untuk PBB Ruchira Kamboj/Net
India ikut mengecam peluncuran rudal balistik yang dilakukan oleh Korea Utara di atas langit Jepang pada Selasa kemarin (4/10). India kemudian mendorong denuklirisasi Korea Utara.

Kecaman itu disampaikan oleh Perwakilan Tetap India untuk PBB Ruchira Kamboj dalam pidatonya di Dewan Keamanan PBB pada Rabu (5/10).

Kamboj mengatakan, kegiatan tersebut dapat memengaruhi perdamaian serta keamanan kawasan dan sekitarnya. Ia lebih lanjut menyerukan implementasi penuh dari resolusi Dewan Keamanan PBB terkait dengan Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK).

“India ingin menegaskan kembali pentingnya mengatasi proliferasi teknologi nuklir dan rudal yang terkait dengan RRDK di wilayah kami," kata Kamboj, seperti dimuat ANI News.

"Hal ini memiliki dampak buruk pada perdamaian dan keamanan di kawasan, termasuk India. Oleh karena itu, kami menegaskan kembali dukungan berkelanjutan kami untuk denuklirisasi, untuk menuju perdamaian dan keamanan di semenanjung Korea," lanjutnya.

Dalam pertemuan tersebut, Kamboj menekankan bahwa India akan terus mendukung dialog dan diplomasi sebagai sarana untuk menyelesaikan masalah di Semenanjung Korea.

Ia juga menyerukan kepada anggota dewan untuk melakukan segala upaya dalam menjaga perdamaian dan keamanan di daerah tersebut, yang telah menjadi kepentingan bersama.

Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 15 negara bertemu pada Rabu untuk membahas uji coba senjata nuklir Korut untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Akibat peluncuran rudal, pemerintah Jepang memperingatkan warganya untuk mengungsi ke tempat penampungan dan tempat berlindung yang aman. Hal tersebut sempat membuat penduduk di sekitar sana menjadi panik.

ARTIKEL LAINNYA