Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin Berulang Tahun, Patriarki Kirill Ajak Rakyat Rusia Doakan Keselamatan dan Kesehatannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 Oktober 2022, 08:26 WIB
Putin Berulang Tahun, Patriarki Kirill Ajak Rakyat Rusia Doakan Keselamatan dan Kesehatannya
Pemandangan blok apartemen dengan mural yang menggambarkan Presiden Rusia Vladimir Putin di kota Kashira di wilayah Moskow, Rusia 6 Oktober 2022/Foto: Reuter
rmol news logo Ucapan selamat mengalir di hari ulang tahun Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (7/10) waktu setempat. Patriark Ortodoks Kirill, salah satu tokoh yang mengucapkan, bahkan menyerukan agar seluruh rakyat berdoa bagi kesehatan pemimpin tertinggi Rusia itu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Patriarki berharap di usianya yang ke-70 Putin, yang dipuji sebagai penyelamat Rusia modern oleh para pejabat Rusia, diberikan kesehatan dan umur panjang.

"Kami berdoa kepada Engkau, Tuhan Allah kami, untuk kepala Negara Rusia, Vladimir Vladimirovich. Kami memohon  Engkau  memberinya belas kasihan dan kemurahan hati yang kaya, memberinya kesehatan dan umur panjang, dan membebaskannya dari semua hambatan yang terlihat dan tidak terlihat musuh, tegaskan dia dalam kebijaksanaan dan kekuatan spiritual, untuk semua, Tuhan dengar dan kasihanilah," Kirill mengucapkan doa-doanya, seperti dikutip dari AFP.

Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov juga memuji Putin karena telah berhasil menjadikan Rusia negara yang diperhitungkan di dunia.

"Hari ini, pemimpin nasional kita, salah satu kepribadian paling berpengaruh dan luar biasa di zaman kita, patriot nomor satu di dunia, Presiden Federasi Rusia Vladimir Vladimirovich Putin, berusia 70 tahun!" katanya.

"Putin telah mengubah posisi global Rusia dan memaksa dunia untuk memperhitungkan posisi negara besar kita," lanjut Kadyrov.

Berkaca pada hari ulang tahun Putin yang nampak sepi-sepi saja, mantan penulis pidato Kremlin Abbas Gallyamov mengkritik pemimpin Rusia itu.

Ia mengatakan, biasanya di hari ulang tahun para pemimpin muncul ke publik dan berpidato tentang mencapaiannya.  "Tetapi hasilnya sangat menyedihkan sehingga akan lebih baik untuk tidak menarik terlalu banyak perhatian pada hari jadi tersebut," katanya.

Putin telah mendominasi Rusia selama hampir 23 tahun sejak dipilih sendiri oleh Presiden Boris Yeltsin sebagai pengganti pilihannya dalam sebuah pengumuman mengejutkan pada Malam Tahun Baru 1999.

Perubahan yang diadopsi pada konstitusi di tahun 2020 membuka jalan baginya untuk memerintah secara potensial hingga tahun 2036, dan tidak ada calon terdepan yang jelas untuk menggantikannya.

Dia juga mengatur jadwal penuh pertemuan dan acara publik, berbicara panjang lebar dalam konferensi video tentang topik mulai dari energi hingga pendidikan.

Seiring bertambahnya usia, Putin tampak semakin sibuk dengan warisannya. Pada bulan Juni ia membandingkan tindakannya di Ukraina dengan kampanye Tsar Peter the Great , menunjukkan bahwa keduanya terlibat dalam pencarian bersejarah untuk memenangkan kembali tanah Rusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA