Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Parlemen India: Dialog dan Diplomasi Jadi Kunci Penting untuk Menyelesaikan Krisis Pangan dan Energi yang Dihadapi Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 08 Oktober 2022, 08:48 WIB
Parlemen India: Dialog dan Diplomasi Jadi Kunci Penting untuk Menyelesaikan Krisis Pangan dan Energi yang Dihadapi Dunia
Delegasi parlemen India Lok Sabha Om Birla, sedang berbicara dalam KTT P-20 yang diselenggarakan di Jakarta/ Ani News
rmol news logo Dialog dan diplomasi yang kuat akan menjadi kunci penting dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dunia saat ini, di tengah krisis pangan dan energi akibat pandemi Covid-19 dan diperparah dengan perang Rusia-Ukraina.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

India menyerukan agar segera mencari solusi dan mengutamakan perdamaian untuk keselamatan dunia.

Berbicara dalam pertemuan G20 Parliamentary Speakers Summit (P20), perwakilan parlemen India Lok Sabha Om Birla mengatakan, India akan terus mendukung aturan tatanan internasional untuk menjawab serta menyelesaikan seluruh permasalahan yang sedang dihadapi oleh dunia.

“Dalam semangat inilah India menyerukan untuk mendukung multilateralisme bagi perdamaian dan stabilitas global, sehingga kita dapat bersatu untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dunia dan menemukan solusi sesuai dengan aspirasi rakyat,” ujar Birla dalam pidatonya, yang dimuat Ani News.

Masalah global ini, menurutnya, harus segera ditangani secara tepat melalui upaya kolektif di tingkat global, dengan komitmen dari berbagai negara untuk memastikan ketersediaan sumber daya pangan dan energi secara berkelanjutan dengan harga yang wajar.

Birla lebih lanjut mengatakan bahwa Parlemen memiliki tanggung jawab penuh untuk dapat berkoordinasi dengan Pemerintah mereka masing-masing, dalam menyadarkan pentingnya subyek global seperti ketahanan pangan, ketahanan energi, perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan untuk diselesaikan dengan baik.

Dia berharap lewat pertukaran ide-ide baru, inisiatif baru, serta praktik terbaik yang berkelanjutan, yang telah disampaikan dalam KTT ini dapat menghasilkan pembangunan ekonomi yang lebih kuat dan lebih tangguh kepada seluruh negara anggota G-20.

Delegasi parlemen India tersebut telah disambut oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Bharti. Birla serta partai parlemen India pun turut mengapresiasi KTT P-20 yang berhasil diselenggarakan dengan baik oleh Indonesia.

“Saat ini saya berangkat ke India setelah KTT #P20 yang sangat produktif di Jakarta. Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan saya kepada Parlemen Indonesia karena berhasil menyelenggarakan acara tersebut. Berharap bahwa KTT ini akan mengatur nada untuk dunia yang berkelanjutan dan damai,” tulis Birla dalam cuitannya di Twitter, sambil mengatakan bahwa KTT P-20 tahun depan akan diselenggarakan di India.

Setelah KTT tersebut, Birla juga menggunakan kesempatan ini untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan Ketua DPR RI, Dr (HC) Puan Maharani, dan Ketua DPR Australia, Milton Dick. Mereka juga telah berdiskusi membahas tentang isu-isu terkini, yang menjadi kepentingan bersama. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA