Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pihak Keamanan Arab Saudi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 750 Ribu Pil Captagon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 08 Oktober 2022, 13:44 WIB
Pihak Keamanan Arab Saudi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 750 Ribu Pil Captagon
Pil captagon dari Suriah yang disembunyikan ke dalam truk/English Alarabiya
rmol news logo Pasukan keamanan Arab Saudi berhasil menggagalkan upaya penyelundupan  756 ribu tablet narkoba captagon yang dipasok dari Suriah.

Operasi yang dilakukan pada Jumat (7/10) ini telah digagalkan sebelum berhasil memasuki Kerajaan melalui penyeberangan perbatasan al-Haditha dan Bandara Internasional King Khalid.

Seperti dimuat English Alarabiya, menurut laporan dari pihak bea cukai Arab Saudi, operasi pertama digagalkan di Bandara Internasional King Khalid, di mana pasukan keamanan telah menemukan 171.792 pil captagon tersembunyi di dalam furnitur. Sementara tiga operasi lainnya digagalkan di perbatasan al-Haditha ketika pasukan keamanan menemukan 65.000 pil captagon disembunyikan di dalam kendaraan trailer pengangkut mobil, dan 523.920 pil captagon lainnya ditemukan di bagian yang berbeda dari dua truk terpisah.

Atas operasi tersebut, pihak berwenang kini telah menangkap tiga tersangka yang seharusnya menerima kiriman ini. Arab Saudi secara teratur sering melakukan operasi penyitaan captagon, yang kerap kali diselundupkan ke dalam kargo seperti buah dan sayuran.

Captagon sendiri mengandung stimulan jenis amfetamin yang disebut fenethylline, yang digunakan untuk mengobati narkolepsi. Namun obat itu kemudian dilarang dan kini telah menjadi zat terlarang, yang hampir secara ekslusif diproduksi di Suriah. Narkoba ini juga diketahui sering digunakan oleh anggota ISIS sebagai doping untuk mereka.

Dalam laporannya, otoritas bea cukai Kerajaan mengatakan, pihaknya pada tahun lalu telah berhasil menyita total 119 juta tablet captagon, dan angka-angka pada tahun ini menunjukkan perdagangan narkoba yang terus meningkat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA