Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vatikan: Paus Fransiskus Siap Kunjungi Korea Utara jika Pyongyang Mengundangnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 Oktober 2022, 14:19 WIB
Vatikan: Paus Fransiskus Siap Kunjungi Korea Utara jika Pyongyang Mengundangnya
Paus Fransiskus/Net
rmol news logo Pemerintah Korea Utara mendapat tawaran kunjungan dari Paus Fransiskus untuk membantu tujuan perdamaian Semenanjung Korea.

Dalam pernyataannya pada Jumat (7/10) waktu setempat, Menteri Luar Negeri Vatikan, Uskup Agung Paul Gallagher, mengatakan bahwa Paus siap datang seandainya Pyongyang mengeluarkan undangan resmi.

“Paus Fransiskus memelihara minat dan kasih sayang khusus untuk orang-orang Korea. Keinginannya untuk mengunjungi bahkan daerah-daerah di Utara sangat jelas dan terkenal, jika dia menerima undangan resmi dari pihak berwenang,” kata Uskup Agung itu saat menghadiri sebuah acara yang menandai Hari Nasional Korea Selatan, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (8/10).

Jika benar terjadi, kunjungan semacam itu akan menjadi yang pertama oleh seorang paus ke negara yang tidak mengizinkan para imam ditempatkan secara permanen di sana.

Sebelumnya, mantan presiden Korea Selatan Moon Jae-in, yang beragama Katolik, telah mendesak Paus untuk mengunjungi Korea Utara, dengan mengatakan kunjungan kepausan ke Pyongyang akan membantu membangun perdamaian di Semenanjung Korea.

Ketika mereka bertemu pada 2018, Moon menyampaikan undangan lisan kepada Paus dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Komentar Uskup Agung Gallagher dianggap penting karena itu datang tiga hari setelah Korea Utara menembakkan rudal jarak menengah ke Jepang, mendorong latihan rudal bersama Korea Selatan dan AS.

Korea Utara juga menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke arah Jepang pada Kamis, setelah kembalinya kapal induk AS ke wilayah tersebut dan pertemuan Dewan Keamanan PBB sebagai tanggapan atas peluncuran baru-baru ini oleh Korea Utara.

Peluncuran itu adalah yang keenam kalinya dalam 12 hari Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik, dan menjadi tampilan terbaru dari program rudal dan bom nuklirnya yang semakin canggih.

Paus Fransiskus mengunjungi Korea Selatan pada  2014, dan para pejabat Vatikan mengatakan bahwa setiap perjalanan kepausan ke Korea Utara akan mencakup pemberhentian di Selatan untuk menggarisbawahi dukungannya bagi semenanjung yang bersatu kembali. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA