Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bazar Diwali Bukti Kolaborasi Apik India dan ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 09 Oktober 2022, 20:35 WIB
Bazar Diwali Bukti Kolaborasi Apik India dan ASEAN
Duta Besar Misi India di ASEAN, Jayant N. Kobragade dalam bazar dan pameran seni India-ASEAN di Hotel Westin, Jakarta pada Minggu, 9 Oktober 2022/RMOL
rmol news logo Gelaran acara bazar dan pameran seni India-ASEAN yang dilaksanakan di Hotel Westin, Jakarta pada Minggu (9/10), menjadi ajang untuk memperkuat hubungan keduanya yang telah terjalin selama 30 tahun.

Duta Besar Misi India untuk ASEAN, Jayant N. Kobragade dalam pidato sambutannya mengatakan India dan ASEAN telah melakukan serangkaian kegiatan untuk memperdalam hubungan, salah satunya adalah acara bazar diwali.

"Untuk memperingati persahabatan antara India dan ASEAN kami melakukan serangkaian acara substantif, salah satunya adalah festival bazar dan pameran seni yang berasal dari India dan negara-negara di ASEAN," ujarnya.

Jayani menyebutkan hal yang menarik dari pagelaran bazar dan pameran seni tersebut, yaitu kombinasi dari berbagai negara ASEAN dan India yang mencerminkan kedekatan budaya.

"Kita bisa melihat banyak kerajinan, karya seni, produk makanan, kecantikan dan lainnya yang dihadirkan oleh India bersama dengan negara-negara ASEAN lainnya untuk menujukkan ciri khas kebudayaanya masing-masing," jelasnya.

Dubes Jayant N. Kobragade menyatakan bahwa dirinya dan warganya sangat dekat dengan ASEAN. Sebagian besar dari warga India banyak datang ke negara-negara anggota untuk mengunjungi tempat-tempat kebudayaan.

"Hubungan antara India dan anggota ASEAN begitu dalam. Warga kita banyak mengunjungi tempat-tempat yang bersejarah dan berbudaya seperti Borobudur, Kuil Angkor Wat dan lain-lain," kata Jayani.

Dubes Jayant N. Kobragade juga menekankan bahwa tidak hanya hubungan budaya yang merekat dengan ASEAN, tetapi keduanya memiliki hubungan yang lebih komprehensif apalagi di bidang ekonomi dan perdagangan.

"Hubungan antara India dan ASEAN tidak hanya berpatok pada budaya dan seninya tetapi juga dengan lebih komprehensif yakni pada investasi dan perdagangan, di mana keuntungan yang didapat sejauh ini mencapai Rp 1.570 triliun," ungkapnya.

Dengan adanya inisiasi kerjasama Indo Pasifik dan berbagai kebijakan luar negeri yang aktif, Jayani memiliki pandangan yang optimistik dan realistik tentang masa depan hubungan negaranya dengan ASEAN. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA