Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yakinkan Australia, PM Kepulauan Solomon Tak Akan Biarkan Militer China Masuki Negaranya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 10 Oktober 2022, 17:03 WIB
Yakinkan Australia, PM Kepulauan Solomon Tak Akan Biarkan Militer China Masuki Negaranya
PM Australia Anthony Albanese dan PM Kepualauan Solomon Manasseh Sogavare/Net
rmol news logo Dalam upaya meyakinkan sekutu di Pasifik, terutama Australia, Kepulauan Solomon kembali menegaskan sikap untuk melarang militer China masuk ke negaranya, meskipun telah menandatangani pakta keamanan dengan Beijing.

"Tentang China, ini adalah masalah sensitif yang kami diskusikan dan saya meyakinkan Australia ketika saya bertemu dengan (Perdana Menteri) Anthony Albanese kemarin bahwa kami tidak akan membiarkan hal itu terjadi,” ujar Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare pada Jumat (7/10).

Dimuat AFP, Albanese dan Sogavare mengadakan pertemuan di Canberra pada Kamis (6/10) untuk meluruskan kembali hubungan yang renggang akibat kedekatan Honiara dengan Beijing.

Kepulauan Solomon di Pasifik Selatan menjadi pusat pergumulan diplomatik antara Amerika Serikat, Australia, dan sekutu melawan pengaruh China yang semakin besar setelah Honiara menandatangani perjanjian keamanan militer.

Kepulauan Solomon menjadi sangat sensitif dengan tuduhan barat atas kedekatannya dengan China. Awal tahun ini, Sogavare mengancam akan melarang media asing setelah penyiar asal Australia melaporkan pengaruh Beijing di Honiara.

Minggu ini, Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon Jeremiah Manele menolak untuk menandatangani draft deklarasi yang berisi perjanjian kemitraan Pasifik- AS, karena tidak nyaman dengan referensi yang secara tidak langsung berkaitan dengan China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA