Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Parlemen AS Usul Setop Pasokan Senjata untuk Arab Saudi, Balas Pemangkasan Minyak OPEC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 10 Oktober 2022, 17:27 WIB
Parlemen AS Usul Setop Pasokan Senjata untuk Arab Saudi, Balas Pemangkasan Minyak OPEC
Ilustrasi/Net
rmol news logo Anggota parlemen Amerika Serikat (AS) mengusulkan penghentian pasokan senjata untuk Arab Saudi sebagai tanggapan atas keputusan Riyadh yang mendukung pemangkasan produksi minyak OPEC+.

Usulan itu disampaikan oleh Senator Demokrat Richard Blumenthal dan perwakilan Demokrat Ro Khanna. Keduanya mengusulkan UU baru yang akan menghentikan AS menyediakan senjata ke Arab Saudi.

"Keputusan Saudi merupakan pukulan telak bagi AS, tetapi AS juga memiliki cara untuk merespons. Itu dapat segera menghentikan transfer besar-besaran perang Amerika ke tangan Saudi," kata Blumenthal, seperti dikutip dari Politico, Minggu (9/10).

Keduanya juga mendorong AS untuk meninjau kedekatan hubungan Arab Saudi dan Rusia.

Menurut Blumenthal dan Khanna, Arab Saudi sangat bergantung pada bantuan pertahanan AS. Sehingga usulan ini akan memaksa Riyadh untuk kembali ke meja perundingan dan bernegosiasi dengan AS.

Adapun usulan UU tersebut akan dibahas di Senat dan DPR pada Selasa (11/10).

"Larangan apa pun bisa bersifat sementara sampai Arab Saudi mempertimbangkan kembali pelukannya terhadap (Presiden Rusia Vladimir) Putin,” kata keduanya.

Pekan lalu, OPEC+ sepakat untuk memangkas produksi minyak sebesar 2 juta barel per hari dari tingkat produksi Agustus mulai November.

AS yang telah mendorong Arab Saudi mengurungkan pemangkasan tersebut menyebut OPEC telah bermitra dengan Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA