Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Spanyol Lihat Masa Depan Cerah dalam Kerja Sama Energi dengan Azerbaijan

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 11 Oktober 2022, 08:52 WIB
Spanyol Lihat Masa Depan Cerah dalam Kerja Sama Energi dengan Azerbaijan
Ilustrasi/Net
Di tengah krisis energi yang melanda negara-negara Uni Eropa, Spanyol melihat masa depan yang cerah dari kerja sama energi yang tengah berlangsung antara Azerbaijan dengan negara UE.

Seperti dimuat Yeni Safak pada Senin (10/10), Kementerian Luar Negeri Spanyol mengatakan, kesepakatan ini akan memberikan banyak hal baik dan banyak manfaat, khususnya bagi perusahaan-perusahaan mereka di Spanyol yang bergerak di bidang energi terbarukan.

Azerbaijan dan UE pada Juli lalu telah menandatangani nota kesepahaman baru tentang kemitraan strategis di bidang energi, yang akan melipatgandakan pasokan gas Azerbaijan ke Eropa pada tahun 2027. Pada Agustus kemarin, pasokan gas yang dikirimkan oleh Azerbaijan ke UE telah meningkat menjadi 24 persen pada tujuh bulan pertama di tahun ini.

"Memorandum of Understanding penting di bidang energi yang telah ditandatangani antara Uni Eropa dan Azerbaijan, membawa prospek kerja sama yang sangat baik bagi negara kita, bukan hanya karena perusahaan Enagas Spanyol memiliki partisipasi yang signifikan dalam Trans-Adriatic Pipeline (TAP), sebuah segmen dari Koridor Gas Selatan (SGC), tetapi juga karena perjanjian ini mempertimbangkan pengembangan energi terbarukan di Azerbaijan," kata kementerian luar negeri tersebut.

Menurut kementerian, sejauh menyangkut sektor energi, prospek kerja sama ini akan sangat menjanjikan bagi perusahaan Spanyol Tecnicas Reunidas, yang sudah mapan di Azerbaijan melalui kemitraannya dengan Perusahaan Minyak Negara Azerbaijan (SOCAR) dalam modernisasi Kilang Minyak Heydar Aliyev.

Perusahaan ini lebih lanjut sangat berharap untuk dapat terlibat dalam fase berikutnya dari proyek ini. Dana Minyak Negara Azerbaijan (SOFAZ) juga dianggap dapat memainkan peran penting dalam mewujudkan peluang ini.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Azerbaijan Jeyhun Bayramov, dalam kunjungannya baru-baru ini ke Spanyol, menyatakan bahwa Azerbaijan secara luas juga telah membahas peningkatan kerja sama energi terbarukan dengan Spanyol.

"Azerbaijan memiliki potensi dalam memasok listrik hijau ke UE. Negara-negara kami dapat menjalin kerja sama yang sangat spesifik dan nyata di bidang ini. (Karena) Spanyol telah terkenal dengan teknologi hijaunya," kata Bayramov.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA