Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ganti Tiga Menteri Baru, Argentina Libatkan Lebih Banyak Perempuan di Panggung Politik

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 11 Oktober 2022, 09:44 WIB
Ganti Tiga Menteri Baru, Argentina Libatkan Lebih Banyak Perempuan di Panggung Politik
Victoria Tolosa Paz yang ditunjuk sebagai Menteri Tenaga Kerja Argentina/Net
Di tengah hantaman krisis ekonomi dan aksi protes warga selama berminggu-minggu, pemerintah Argentina kembali merombak susunan kabinetnya dengan menghadirkan lebih banyak politisi perempuan untuk menggantikan menteri sebelumnya.

Presiden Argentina Alberto Fernandez pada Senin (10/10) secara resmi menunjuk tiga orang perempuan untuk menempati kursi di Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Pembangunan Sosial, dan Kementerian Perempuan.

"Para menteri baru yang diangkat merupakan wanita dari berbagai usia, asal geografis dan pengalaman yang mumpuni. Ketiganya akan menjadi bagian dari Kabinet Fernandez untuk memperluas perspektif dan efisiensi manajemen," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

Anggota parlemen federal, Victoria Tolosa Paz akan menggantikan Juan Zabaleta di Kementerian Pembangunan Sosial. Sementara Raquel Olmos, seorang ekonom dan wakil presiden Bank Investasi dan Perdagangan Luar Negeri (BICE) akan memimpin Kementerian Tenaga Kerja.

Terakhir, Ayelen Mazzina yang sempat menjabat sebagai sekretaris untuk perempuan, keanekaragaman dan kesetaraan di provinsi San Luis, akan menggantikan Elizabeth Gomez Alcorta yang mengundurkan diri sebagai Menteri Perempuan, Gender dan Keanekaragaman.  

Perubahan Kabinet terbaru terjadi kurang dari tiga bulan setelah pemerintah mengganti menteri ekonominya dan menunjuk Sergio Massa menjadi 'superminister' Argentina dalam upaya menahan krisis ekonomi agar tidak semakin memburuk.

ARTIKEL LAINNYA