Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal yang Ditumpangi Terbalik, 76 Warga Nigeria Tewas Tenggelam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 11 Oktober 2022, 13:20 WIB
Kapal yang Ditumpangi Terbalik, 76 Warga Nigeria Tewas Tenggelam
Ilustrasi/Net
RMOL. Sebanyak 76 dari sekitar 85 penumpang sebuah kapal yang terbalik di sungai yang sedang meluap di Nigeria dilaporkan tewas tenggelam.

Presiden Muhammadu Buhari dalam pernyataannya mengkonfirmasi kejadian tersebut.
"Hampir semua orang di atas kapal tewas ketika terbalik di sungai yang meluap di negara bagian Anambra Nigeria," kata Buhari, seperti dikutip dari Africa News, Selasa (11/10).

Diperkirakan ada 85 orang menaiki perahu yang kelebihan muatan pada hari Jumat ketika banjir di Sungai Niger menyebabkannya terbalik.

"Kapal itu dilaporkan membawa 85 orang terbalik menyusul meningkatnya banjir di wilayah negara bagian Ogbaru, dengan layanan darurat mengonfirmasi jumlah korban tewas 76," kata Buhari.

Presiden kemudian mengarahkan layanan darurat untuk memberikan bantuan kepada para korban.

"Saya berdoa untuk ketenangan jiwa almarhum dan untuk keselamatan semua orang, serta kesejahteraan anggota keluarga korban kecelakaan tragis ini," ujannya.

Sebelumnya pada hari Minggu, layanan darurat mengatakan kenaikan permukaan air menghambat upaya penyelamatan.

"Ketinggian air sangat tinggi dan terlalu berisiko untuk operasi pencarian dan penyelamatan yang lancar," kata Thickman Tanimu, koordinator tenggara Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA).

Tanimu mengatakan banjir itu adalah yang terburuk di negara itu dalam beberapa tahun, dengan tingkat air sekitar sepersepuluh lebih tinggi dari satu dekade lalu.

Gubernur negara bagian Anambra Charles Soludo mendesak penduduk di daerah yang dilanda banjir untuk segera pindah, sambil menambahkan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak bencana.

"Perkembangan ini masih mengejutkan pemerintah dan orang-orang baik dari Negara Bagian Anambra. Saya bersimpati dengan keluarga orang-orang yang terlibat," kata Soludo dalam sebuah pernyataan.

Kecelakaan kapal kerap kali terjadi di Nigeria. Penyebabnya mulai dari kelebihan muatan, kecepatan tinggi, perawatan yang buruk, dan pengabaian aturan navigasi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA