Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Izyum, Ukraina Kembali Temukan Puluhan Kuburan di Wilayah Pembebasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 12 Oktober 2022, 15:25 WIB
Setelah Izyum, Ukraina Kembali Temukan Puluhan Kuburan di Wilayah Pembebasan
Petugas forensik sedang membaringkan tubuh seorang perwira tentara yang mereka gali dikuburan massal, di kota Lyman yang baru dibebaskan Ukraina/Net
rmol news logo Setelah berhasil membebaskan dua kota di wilayah Donesk Timur, pihak berwenang Ukraina kemudian melakukan pemeriksaan dan begitu terkejut saat kembali menemukan puluhan mayat yang terkubur dengan kondisi memilukan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dimuat Blue Mountains Gazzate, Otoritas Kyiv langsung melakukan penggalian guna mengidentifikasi korban dan penyebab kematiannya. Sejauh ini, petugas telah menemukan 55 mayat di kota tersebut.

"Mereka adalah warga sipil lokal dan prajurit angkatan bersenjata kami," ungkap Gubernur Donetsk, Pavlo Kyrylenko di pemakaman kota Lymen  pada Selasa (11/10).

Kyrylenko mengatakan hasil penyelidikan awal pada 55 mayat tersebut menunjukkan penyebab kematian ialah cedera akibat terkena ledakan, proyektil dan luka peluru. Dugaan penculikan dan penyiksaan juga mungkin dilakukan pada warga sipil.

Menurut kantor kejaksaan, di lokasi terpisah, sekitar 20 kilometer ke barat, di kota Sviatohirsk, petugas mereka juga telah menggali 34 mayat, beberapa di antaranya menunjukkan tanda-tanda kematian akibat kekerasan, termasuk luka tembak, patah tulang rusuk dan tengkorak, luka ranjau serta ledakan.

Sejak menemukan 436 mayat di kuburan Izyum, tempat yang sempat dikuasai Rusia dan berhasil dibebaskan, Ukraina menuduh pasukan Kremlin telah melakukan kekerasan pada warga di wilayah pendudukan.

Namun tuduhan tersebut juga berulang kali dibantah oleh pihak Rusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA