Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan Warga Tunisia Bentrok dengan Aparat Saat Protes Lambatnya Pencarian Migran yang Tenggelam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 13 Oktober 2022, 09:23 WIB
Ratusan Warga Tunisia Bentrok dengan Aparat Saat Protes Lambatnya Pencarian Migran yang Tenggelam
Ilustrasi/Net
rmol news logo Tunisia kembali membara. Pada Rabu (12/10) ratusan warga terlibat bentrok dengan polisi saat aksi protes yang mempertanyakan kerja aparat dalam penyelamatan kerabat mereka yang tenggelam di laut.

Pengunjuk rasa membakar ban, melemparkan batu ke polisi, dan berteriak, "Kami menginginkan anak-anak kami yang hilang!"
 
Situasi mencekam dengan jalan utama di pesisir Garziz yang diblokir dan lemparan batu yang sebagian salah arah, juga asap hitam yang membumbung dari ban-ban yang dibakar, seperti dilaporkan Africa News.

Dua minggu lalu, sebuah kapal yang membawa migran Tunisia ke Italia, hilang di lepas pantai. Aparat telah berupaya melakukan penyelamatan dan pencarian. Upaya tersebut dianggap lamban karena sampai sejauh ini hanya delapan mayat yang berhasil ditemukan dan  menunggu analisis DNA. Puluhan lainnya masih belum ditemukan.

Aksi protes telah berlangsung sejak itu, tetapi belum ada tanggapan dari Pemerintah sehingga aksi besar pun terjadi pada Rabu.

Liga Hak Asasi Manusia Tunisia mengatakan pihak berwenang tidak mencurahkan sumber daya yang diperlukan untuk operasi pencarian dan penyelamatan pada waktu yang tepat.

Krisis ekonomi yang berlangsung lama telah mendorong banyak warga Tunisia untuk mencoba bermigrasi ke Italia. Kebanyakan, mereka berangkat dengan kapal yang tidak layak.

Ada banyak peristiwa kecelakaan laut yang menimpa calon migran Tunisia, tetapi sejauh ini tidak menyurutkan tekad yang lainnya untuk mengikuti jejak pendahulu mereka, pergi dengan kapal untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

Selama akhir pekan  ini lalu, pihak berwenang Tunisia mencegat hampir 200 migran yang berusaha mencapai Eropa melintasi Laut Mediterania. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA