Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lindungi Perbatasan, Belarusia Bersedia Tampung Sembilan Ribu Tentara Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 17 Oktober 2022, 16:00 WIB
Lindungi Perbatasan, Belarusia Bersedia Tampung Sembilan Ribu Tentara Rusia
Presiden Belarusia, Aleksander Lukashenko/Net
rmol news logo Kesepakatan Presiden Belarusia Aleksander Lukashenko dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membentuk pasukan regional bersama akan terealisasi dengan pengiriman ribuan tentara Moskow ke Minsk.

Kepala Departemen Kerja Sama Militer Internasional Kementerian Pertahanan Belarusia Valeriy Revenko menyatakan pengerahan pasukan untuk melindungi Minsk dari perbatasan Ukraina, dimulai pada Minggu (16/10).

"Kereta pasukan pertama dengan prajurit Rusia yang merupakan bagian dari (pengelompokan regional) mulai tiba di Belarus," cuit Revenko seperti dimuat Swiss Info.

Lebih lanjut Revenko mengatakan proses pengiriman pasukan yang berjumlah kurang lebih 9000 tentara itu akan berjalan selama beberapa hari ke depan.

"Relokasi akan memakan waktu beberapa hari. Jumlah totalnya akan sedikit kurang dari 9.000 orang. Informasi lebih lanjut akan diberikan pada briefing untuk atase militer," jelasnya.

Pekan lalu, Lukashenko dan Putin berkomitmen untuk mengerahkan pasukan kedua negara di dekat perbatasan Ukraina, setelah meyakini serangan Kyiv di jembatan Krimea merupakan ancaman bagi Minsk.

Terlebih Belarusia telah lama mendukung Rusia dengan mengizinkan Krimea mengakses pangkalan Minsk untuk menyerang Ukraina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA