Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Baru Sebulan Menjabat Liz Truss Sudah Didesak Mundur, Ini Calon Penggantinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 18 Oktober 2022, 07:52 WIB
Baru Sebulan Menjabat Liz Truss Sudah Didesak Mundur, Ini Calon Penggantinya
Ilustrasi/Net
rmol news logo Desakan agar Perdana Menteri Inggris Liz Truss mundur semakin menguat di tengah ketidakstabilan negara itu, hanya sebulan setelah dirinya dilantik menggantikan pendahulunya, Boris Johnson.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satu yang menyuarakan pencopotan Truss adalah anggota parlemen konservatif, Angela Richardson, di mana ia secara terbuka mendiskusikan peralihan kepemimpinan tersebut.

"Saya pikir ada beberapa orang yang bisa bersaing untuk menggantikan Liz Truss sebagai perdana menteri," katanya, seperti dikutip dari The National, Selasa (18/10).

Sejumlah kandidat utama disebut - sebut akan menggantikan Truss, termasuk Rishi Sunak yang kalah saat melawan wanita yang sebelumnya menjabat sebagai menteri luar negri itu dalam pemilihan bulan lalu.

Sunak dipandang oleh banyak orang sebagai orang yang cocok menggantikan Truss. Ini tak lepas dari kebijakannya memberikan skema cuti untuk pekerja dan bantuan untuk bisnis yang terkena penguncian selama pandemi Covid-19.

Selanjutnya ada Penny Mordaunt. Setelah tersingkir dari pemilihan kepemimpinan Tory, Mordaunt diangkat sebagai pemimpin House of Commons dan Lord President of the Council oleh Truss.

Wanita berusia 49 tahun itu membuat kesan sejak awal saat ia memainkan peran utama dalam upacara dewan aksesi pada penobatan Raja Charles III.

Sebelumnya Mordaunt memegang beberapa peran pemerintah, termasuk sekretaris perdagangan internasional, sekretaris pembangunan internasional dan jenderal pembayaran. Dia adalah wanita pertama yang memegang jabatan menteri pertahanan dan menteri angkatan bersenjata.

Kemudian ada Jeremy Hunt, mantan menteri kesehatan berusia 55 tahun, yabg pada Jumat lalu diumumkan sebagai kanselir setelah perdana menteri memecat Kwasi Kwarteng.

Dia diangkat sebagai sekretaris kesehatan pada tahun 2012, mengambil alih tanggung jawab untuk Layanan Kesehatan Nasional Inggris. Selama enam tahun masa jabatannya, layanan tersebut mengalami penurunan moral staf dan memburuknya pengalaman pasien.

Hunt terlibat dalam perselisihan sengit dengan dokter junior mengenai gaji dan kondisi kerja. Ini menyebabkan pemogokan dokter junior pertama di Inggris selama lebih dari 40 tahun.

Nama selanjutnya adalah Menteri Pertahanan Ben Wallace. Pria berusia 52 tahun itu telah mengambil sikap tegas terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina pada Februari. Dia telah mengunjungi Kyiv untuk pembicaraan tingkat tinggi dengan pemerintah dan berulang kali menegur Presiden Vladimir Putin atas tindakannya.

Kemudian kandidat pengganti Truss adalah Suella Braverman, yang baru ditunjuk sebagai menteri dalam negeri. Diketahui bahwa wanita berusia 42 tahun itu sebelumnya menjabat sebagai jaksa agung dan sebagai menteri junior Brexit.

Dia adalah anggota parlemen Tory pertama yang meluncurkan tawaran untuk menggantikan Johnson dalam kontes musim panas lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA