Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Setelah Bentrokan Mematikan, UE Kirim Tim Pemantau di Perbatasan Armenia-Azerbaijan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 18 Oktober 2022, 08:15 WIB
Setelah Bentrokan Mematikan, UE Kirim Tim Pemantau di Perbatasan Armenia-Azerbaijan
Ilustrasi/Net
Uni Eropa mengerahkan misi pemantauan di sepanjang perbatasan Armenia-Azerbaijan pada Senin (17/10), setelah bentrokan bulan lalu yang menewaskan ratusan tentara di kedua belah pihak.

Tim yang terdiri dari 40 ahli itu telah tiba di Yerevan dan akan segera meluncur untuk melakukan tugas-tugasnya yang bertujuan untuk "membangun kepercayaan" ketika dua negara tetangga Kaukasus itu berusaha mencapai kesepakatan untuk menggambarkan perbatasan mereka.

"Dewan hari ini memutuskan untuk mengerahkan hingga 40 pakar pemantau UE di sepanjang perbatasan internasional Armenia dengan Azerbaijan dengan tujuan memantau, menganalisis, dan melaporkan situasi di kawasan itu," kata pernyataan Dewan Eropa seperti dikutip dari TASS.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel juga menyambut baik misi tersebut dan mencatat bahwa misi tersebut dapat memperkuat kepercayaan (antara Armenia dan Azerbaijan) dan memungkinkan UE untuk lebih mendukung komisi perbatasan yang akan segera bertemu di Brussel.

Uni Eropa menekankan bahwa keputusan untuk membentuk misi pemantauan ke kawasan itu menyusul pertemuan antara para pemimpin Armenia, Azerbaijan, Prancis dan kepala Dewan Eropa di Praha pada 6 Oktober lalu.

Azerbaijan mengambil alih sebagian Nagorno-Karabakh dalam perang tahun 2020 dan merebut kembali tujuh distrik di sekitarnya yang telah diduduki oleh orang-orang Armenia sejak tahun 1990-an. Kesepakatan gencatan senjata yang ditengahi oleh Presiden Rusia Vladimir Putin mengharuskan kedua belah pihak untuk menyepakati perbatasan mereka dan membuka rute transportasi, tetapi sejauh ini, sedikit kemajuan yang telah dibuat.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA