Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Janji Rencana G7 Batasi Harga Minyak Rusia Tak Akan Senggol OPEC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 20 Oktober 2022, 14:15 WIB
AS Janji Rencana G7 Batasi Harga Minyak Rusia Tak Akan Senggol OPEC
Ilustrasi/Net
rmol news logo Rancangan pembatasan harga minyak Rusia yang ditetapkan oleh G7 diklaim Amerika Serikat (AS) tak akan sedikit pun menyasar Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Keputusan tersebut diperjelas AS agar dapat meredam ketegangannya dengan OPEC akibat pemotongan produksi minyak yang sempat ditentang Washington.

Seorang pejabat Departemen Keuangan AS menyatakan pada Rabu (19/10), bahwa pihaknya tengah berusaha untuk mengkomunikasikan bahwa pembatasan G7 tidak berhubungan dengan penentangan AS, juga tidak akan mempengaruhi harga minyak OPEC.

Dimuat Reuters, pembatasan harga minyak Rusia yang disetujui G7 pada September lalu semakin kuat dengan dukungan Uni Eropa yang juga ikut bergabung dalam rancangan tersebut di bulan ini.

Meski begitu, perincian batas harga masih dalam perundingan dan G7 juga terus mengajak semua negara pengimpor minyak dan produk minyak Rusia untuk berkomitmen menetapkan batasan harga yang sama.

Sementara itu, hubungan AS dengan OPEC khususnya Arab Saudi semakin tegang sejak pertemuan OPEC plus yang memutuskan untuk memangkas target produksi sebesar 2 juta barel per hari.

AS tidak menerima keputusan tersebut karena pengurangan produksi hanya akan memperkaya Rusia dan menaikkan harga minyak ke tingkat yang belum pernah terkira sebelumnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA