Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Memanfaatkan Jutaan Data Biometrik tanpa Persetujuan, Google Digugat Pengadilan Texas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 21 Oktober 2022, 06:09 WIB
Memanfaatkan Jutaan Data Biometrik tanpa Persetujuan, Google Digugat Pengadilan Texas
rmol news logo Geogle kembali berhadapan dengan hukum. Pengadilan Texas pada Kamis (20/10) mengajukan gugatan terhadap raksasa teknologi itu karena secara ilegal mengumpulkan dan menggunakan data biometrik jutaan orang Texas tanpa mendapatkan persetujuan mereka.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jaksa Agung Ken Paxton dalam sebuah pernyataan mengatakan, bahwa perusahaan yang beroperasi di Texas itu sejak 2015 mengumpulkan data biometrik dari orang-orang Texas yang tak terhitung banyaknya dan menggunakan wajah dan suara mereka untuk melayani tujuan komersial Google.

"Pengumpulan informasi pribadi warga Texas secara sembarangan, termasuk informasi yang sangat sensitif seperti pengenal biometrik, tidak akan ditoleransi," kata Paxton, seperti dikutip dari Reuters.

Ia menegaskan akan terus melawan Big Tech untuk memastikan privasi dan keamanan semua warga Texas.
Gugatan terbaru ini hanyalah salah satu dari beberapa yang diajukan oleh negara bagian terhadap Google yang diduga melakukan praktik tidak adil terkait privasi.

Paxton sebelumnya mengajukan tuntutan hukum terhadap Google karena melanggar Texas Deceptive Trade Practices - Consumer Protection Act dan secara menipu melacak lokasi pengguna tanpa persetujuan mereka.

Selain Texas, wilayah lain seperti  Indiana, Washington State, dan District of Columbia, telah  menggugat Google pada Januari lalu karena praktik pelacakan lokasi yang menyerang privasi pengguna. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA