Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Menhan AS di Pentagon, Ini yang Dibahas Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 21 Oktober 2022, 15:26 WIB
Bertemu Menhan AS di Pentagon, Ini yang Dibahas Prabowo
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) menyatakan komitmennya untuk mendukung modernisasi militer Indonesia dan memperkuat kerjasama untuk mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin ketika menyambut kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Pentagon pada Kamis (20/10) waktu setempat.

Menurut keterangan dari Sekretaris Pers Pentagon Pat Ryder yang diterima redaksi pada Jumat (21/10), keduanya membahas peluang kesepakatan lebih lanjut untuk mewujudkan visi bersama tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, serta membahas berbagai isu yang menjadi perhatian global.

Pada kesempatan itu, Austin mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di ASEAN, Indo-Pasifik, dan dunia.

"Kedua menteri menekankan pentingnya kerja sama yang berkelanjutan mengingat dinamika keamanan regional yang semakin kompleks," lanjut Ryder.

"Untuk mendukung tujuan ini, Menhan Austin menyatakan keinginannya untuk terus membantu memodernisasi militer Indonesia dan untuk memperkuat interoperabilitas antara Amerika Serikat dan Indonesia," tambah dia.

Di samping itu, kedua menhan juga membahas perluasan cakupan Super Garuda Shield, yang merupakan latihan terbesar yang pernah dilakukan antara kedua negara.

Austin juga mendukung profesionalisme TNI. Ia menyoroti bahwa Indonesia sekarang ini memiliki taruna di tiga akademi militer AS.

"Kedua menteri menegaskan kembali pentingnya memelihara aturan dan norma internasional guna menjaga wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," demikian Ryder. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA