Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Jajaran Penguasa Baru China di Periode Ketiga Xi Jinping

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 23 Oktober 2022, 12:36 WIB
Ini Jajaran Penguasa Baru China di Periode Ketiga Xi Jinping
Jajarbaru Komite Tetap Politbiro Partai Komunis China yang dipimpin oleh Xi Jinping/Net
rmol news logo Xi Jinping telah berhasil mengamankan masa jabatan ketiganya sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (PKC), yang artinya sebagai pemimpin negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Di samping itu, Xi juga telah melakukan perombakan besar-besaran di tubuh inti PKC selama Kongres Nasional yang digelar sepekan terakhir.

Lantas siapa saja yang akan mendampingi Xi memerintah China untuk lima tahun mendatang?

Perombakan besar-besaran terjadi di tubuh Komite Tetap Politbiro yang terdiri dari tujuh orang, lantaran enam di antaranya merupakan pendatang baru dan semuanya loyalis Xi.

Kursi orang No. 2 setelah Xi yang sebelumnya dipegang oleh Perdana Menteri Li Keqiang telah diganti oleh Ketua PKC dari Shanghai, Li Qiang. Dengan begitu, ia akan menjabat sebagai PM baru.

Li Keqiang yang saat ini berusia 67 tahun akan pensiun dari partai. Hal serupa juga dilakukan oleh Li Zhanshu (72 tahun) yang menempati kursi No. 3, Wang Yang (67 tahun) yang menempati peringkat ke-4, dan Han Zheng (68 tahun) peringkat ke-7.

Dengan perombakan ini, maka urutan Komite Tetap Politbiro meliputi posisi pertama dipegang Xi Jinping, kedua Li Qiang, ketiga Zhao Leji, keempat, Wang Huning, kelima Cai Qi, keenam Ding Xuexiang, dan ketujuh Li Xi.

Li Xi diperkirakan akan menjadi pemimpin anti-korupsi berikutnya, setelah terpilih memimpin 133 anggota di Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin.

Setelah Komite Tetap Politbiro, PKC juga akan mengumumkan Komisi Militer Pusat.

Komite Sentral Partai Komunis China (PKC) telah memilih Xi sebagai Sekretaris Jenderal untuk masa jabatan lima tahun mendatang pada Minggu (23/10).

Xi dipilih dalam proses pemungutan suara tertutup selama Sidang yang dihadiri oleh 203 Komite Sentral PKC dan 168 anggota pengganti. Itu dilakukan setelah Kongres ke-20 PKC digelar selama sepekan terakhir.

Xi juga ditunjuk sebagai Ketua Komisi Militer Pusat PKC pada sesi yang sama.

Adapun pengumuman resmi masa jabatan ketiga Xi akan dilakukan pada Maret tahun depan, selama sesi legislatif tahunan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA