Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Orang Hindu Pertama yang akan Memimpin Jutaan Warga Inggris, Rishi Sunak Siap Bertemu Raja Charles

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 25 Oktober 2022, 07:34 WIB
Jadi Orang Hindu Pertama yang akan Memimpin Jutaan Warga Inggris, Rishi Sunak Siap Bertemu Raja Charles
Rishi Sunak/Net
rmol news logo Setelah Penny Mordaunt menarik diri dari proses pemilihan, Rishi Sunak akhirnya resmi ditunjuk sebagai pemimpin baru Partai Konservatif pada Senin (24/10), menyusul pengunduran diri Liz Truss, megantarkan pria berdarah India itu untuk menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya.

Mantan kanselir itu mendapatkan dukungan dari cukup banyak anggota parlemen setelah saingan lainnya, Boris Johnson, mengakhiri upaya comeback-nya.

Dikutip dari The National, prosesi penunjukan perdana menteri baru akan berlangsung pada Selasa (25/10) waktu London, dimulai dengan Truss yang akan naik mobil dari Downing Street ke Istana Buckingham untuk bertemu dengan Raja Charles, di mana dia akan secara resmi mengajukan pengunduran dirinya.

Setelah Truss, giliran Sunak untuk bertemu raja di istana. Dia akan ditunjuk sebagai perdana menteri negara berikutnya dan diminta untuk membentuk pemerintahan.

Sunak kemudian akan kembali ke Downing Street untuk berpidato di depan negara untuk pertama kalinya sebagai perdana menteri sekitar pukul 11.35 waktu setempat.

Kemenangan Sunak sebagai perdana menteri Inggris ikut disambut para pemeluk Hindu di Kuil Hindu Masyarakat Veda di Southampton.

Kepala kuil Hindu yang didirikan oleh kakek Sunak, Ramdas Sunak, pada tahun 1971 bahkan menyebut keberhasilan Sunak menjadi perdana menteri sebagai momen 'Barack Obama' baginya mereka.

Sunak adalah orang Hindu pertama yang menjadi perdana menteri Inggris dan keberhasilannya telah dipuji sebagai momen bersejarah yang menunjukkan jabatan tertinggi dapat terbuka untuk semua agama dan latar belakang etnis.

Sunak lahir dari orang tua keturunan Punjabi. Kakek-neneknya lahir di India dan beremigrasi ke Inggris dari Afrika Timur pada 1960-an.

“Dia datang secara teratur ke bait suci, bahkan sekarang,” kata kepala kuil, Sanjay Chandarana.

“Dia melakukan itu pada bulan Juli, hanya beberapa hari sebelum Rishi mengundurkan diri sebagai rektor, mereka mengadakan doa keluarga di sini dan dia datang untuk makan siang," ujarnya.

“Saya yakin begitu dia menjadi perdana menteri dia pasti akan datang ke kuil untuk berdoa. Saya tahu itu akan terjadi," lanjut Chandarana.

“Ini adalah momen yang membanggakan, kuil sedang ramai sekarang, banyak orang menunjukkan foto mereka sendiri dengannya. Ketika dia di sini sebelumnya, dia berfoto dengan setiap orang yang ada di kuil, 300 orang," tambahnya.

"Ini seperti untuk Inggris, ini adalah momen Barack Obama, di mana orang non-kulit putih menjadi perdana menteri untuk pertama kalinya, juga orang dari India dan Hindu yang merupakan dimensi lain dan semua orang sangat bangga," lanjut Chandarana.

Ia kemudian mengatakan bahwa penunjukan Sunak sebagai PM menunjukkan bahwa integrasi bekerja di Inggris.

“Itu akan menyatukan negara, karena dia mempraktikkan agama Hindu secara religius dan salah satu nilai utama yang kami miliki adalah seluruh dunia adalah keluarga kami dan kami percaya pada persatuan dalam hal itu," katanya.

“Tantangan terbesar adalah tantangan ekonomi dan ketidakpastian politik, itu adalah sesuatu yang harus dia atasi," lanjut Chandarana, mengatakan bahwa Sunak menang bertepatan dengan Diwali da meyakini dia akan diberi keberuntungan.

Sunder Katwala, direktur British Future ikut menyambut kemenangan Sunak.

“Rishi Sunak menjadi perdana menteri India Inggris pertama adalah momen bersejarah. Ini tidak akan mungkin terjadi bahkan satu atau dua dekade yang lalu," katanya.

“Ini menunjukkan bahwa pelayanan publik di kantor tertinggi di Inggris dapat terbuka untuk semua agama dan latar belakang etnis," tambah Katwala.

Ini, katanya, akan menjadi sumber kebanggaan bagi banyak orang Asia Inggris — termasuk banyak orang yang tidak berbagi politik Konservatif Rishi Sunak.
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA