Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi Jadi Perdana Menteri, Rishi Sunak Janji Benahi Inggris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 25 Oktober 2022, 19:40 WIB
Resmi Jadi Perdana Menteri, Rishi Sunak Janji Benahi Inggris
Pidato pertama Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak di Downing Street 10 pada Selasa, 25 Oktober 2022/Net
rmol news logo Rishi Sunak secara resmi telah menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru, sekaligus yang pertama dari keturunan Inggris-India. Pria berusia 42 tahun itu juga merupakan pemimpin Inggris termuda dalam dua abad terakhir.

Sunak menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri setelah 49 hari menjabat. Ia diangkat oleh Raja Charles III pada Selasa (25/10).

Dalam pidato pertamanya sebagai PM di Downing Street 10 pada hari yang sama, Sunak bersumpah untuk membenahi berbagai persoalan yang dihadapi Inggris, terutama krisis ekonomi yang membelenggu negara tersebut.

"Saya sepenuhnya memahami betapa sulitnya hal-hal ini. Saya juga mengerti bahwa saya memiliki pekerjaan yang harus dilakukan untuk memulihkan kepercayaan setelah semua yang sudah terjadi," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

"Yang bisa saya katakan adalah saya tidak gentar. Saya tahu jabatan tinggi yang telah saya terima dan saya berharap untuk memenuhi tuntutannya," tambah dia.

Pada kesempatan itu, Sunak mengatakan akan menyelesaikan krisis ekonomi Inggris dengan integritas, profesionalisme, dan akuntabilitas.

Sunak menjadi pemimpin baru Partai Konservatif pada Senin (24/10) setelah saingannya, Penny Mordaunt, gagal mendapatkan cukup nominasi dari anggota parlemen Tory. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA