Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Makna Kalawa, Gelang Sakral Hindu yang Dipakai PM Inggris Rishi Sunak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 25 Oktober 2022, 20:09 WIB
Makna Kalawa, Gelang Sakral Hindu yang Dipakai PM Inggris Rishi Sunak
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengenakan gelang Kalawa/Net
rmol news logo Rishi Sunak telah mencatatkan sejarah sebagai keturunan India dan umat Hindu pertama yang memimpin Inggris. Dalam penampilan pertamanya sebagai Perdana Menteri Inggris, Sunak tampak menonjolkan dirinya sebagai umat Hindu.

Hal itu terlihat dari gelang merah yang dipakai Sunak ketika tampil di Downing Street 10 pada Selasa (25/10).

Dimuat ANI News, gelang tersebut merupakan Kalawa atau Mouli, benang merah suci umat Hindu yang terbuat dari gulungan kapas.

Gelang tersebut dianggap sangat suci dan digunakan untuk semua keperluan keagamaan umat Hindu. Biasanya benang tersebut digunakan sebagai kain persembahan kepada dewa.

"Dengan mengikatnya di tangan, Anda menang atas musuh dan itu menjadi pertahanan Anda," tulis ANI News.

Meski jarang berbicara di depan umum tentang keyakinannya, Sunak dikenal sebagai penganut Hindu yang taat. Ia dinobatkan sebagai PM Inggris ketika umat Hindu merayakan Diwali.

Sunak resmi menjadi PM Inggris pada usia 42 tahun setelah dilantik oleh Raja Charles III. Ia menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri setelah hanya 49 hari menjabat.

Perjalanan Sunak menjadi PM Inggris sendiri cukup panjang. Sebelumnya ia menjabat sebagai Menteri Keuangan di pemerintahan Boris Johnson, dan mengundurkan diri yang diikuti oleh mundurnya Johnson.

Sunak kemudian mengikuti pemilihan dan menjadi lawan terberat Truss yang akhirnya menang. Namun kebijakan Truss yang banyak dikritisi membuatnya mundur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA