Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Taiwan: Waspada, China akan Tingkatkan Serangan Diplomatik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 26 Oktober 2022, 13:06 WIB
Menlu Taiwan: Waspada, China akan Tingkatkan Serangan Diplomatik
Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu/Net
rmol news logo China diyakini akan meningkatkan serangan diplomatik terhadap Taiwan di periode ketiga Presiden Xi Jinping. Salah satunya dengan merebut lebih banyak sekutu diplomatik Taiwan yang sedikit tersisa.

Dalam laporannya kepada parlemen pada Rabu (26/10), Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan China tampaknya akan meningkatkan ancaman keamanan dan penindasan diplomatik terhadap Pulau Formosa.

"China kemungkinan akan meningkatkan serangan dan ancamannya terhadap Taiwan, terutama di bidang diplomatik. Ini yang kami khawatirkan," ujar Wu, seperti dikutip Reuters.

Wu mengatakan Taiwan telah menerima "sinyal" dan intelijen dari sekutu diplomatik menyebut China meningkatkan upaya untuk memikat sekutu Taiwan agar mengalihkan pengakuan resmi ke Beijing.

"Tantangan diplomatik yang kita hadapi semakin besar," tambah dia.

Di bawah masa pemerintahan Presiden Tsai Ing-wen, enam negara telah mengalihkan pengakuan resmi dari Taipei ke Beijing, yang mengatakan Taiwan tidak memiliki hak untuk hubungan antarnegara.

Hanya 14 negara yang sekarang secara resmi mengakui Taiwan, sebagian besar negara miskin dan berkembang di Pasifik, Amerika Latin, dan Karibia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA