Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin Sampaikan Duka Cita kepada Presiden Iran atas Serangan Teroris di Shiraz

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 28 Oktober 2022, 07:20 WIB
Putin Sampaikan Duka Cita kepada Presiden Iran atas Serangan Teroris di Shiraz
Masjid Shah Cheragh di kota Shiraz/Net
rmol news logo Rusia menyampaikan belasungkawa atas peristiwa serangan di  tempat suci Shah Cheragh di kota Shiraz yang menewaskan 15 orang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam ucapan duka citanya, Presiden Vladimir Putin menyampaikan kepada Presiden Iran Ebrahim Raisi bahwa Moskow siap untuk membantu dan bekerja sama lebih lanjut dengan Teheran dalam masalah kontra-terorisme.

“Terimalah belasungkawa tulus saya atas konsekuensi tragis dari aksi teroris di Shiraz. Sulit membayangkan kejahatan yang lebih sinis daripada pembunuhan warga sipil, termasuk anak-anak dan wanita, di dalam tembok kuil agama. Kami sekali lagi melihat bahwa terorisme tidak hanya melanggar hukum tetapi juga moral manusia," isi pernyataan Putin dalam pesan telegram yang diterbitkan di situs web Kremlin, Kamis (27/10).

Putin juga menyampaikan kata-kata simpati dan dukungan kepada keluarga korban, serta harapan untuk pemulihan yang cepat bagi semua yang terluka.

Gedung Putih mencurigai Rusia mungkin menasihati Teheran tentang praktik terbaik untuk menekan protes yang sedang berlangsung di Iran. Pernyataan Putin bisa diartikan sebagai lampu hijau untuk mendukung Republik Islam dalam tindakan kerasnya terhadap protes anti-pemerintah yang telah melanda negara itu sejak kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun dalam tahanan.

Pada hari Rabu, tiga pria tak dikenal melepaskan tembakan ke masjid Shah Cheragh di Shiraz, yang terletak di Provinsi Fars Iran.

Pasukan penegak hukum berhasil menahan dua di antaranya, sementara yang seorang lagi masih dalam pemburuan.

Menurut data terakhir, 15 orang menjadi korban serangan, sementara 27 orang luka-luka.

Kantor berita Tasnim mengutip sumber penegak hukum yang mengatakan bahwa serangan itu mungkin dilakukan oleh Wahhabi radikal yang mengambil keuntungan dari melemahnya langkah-langkah keamanan baru-baru ini.

Reuters menulis dalam laporannya pada Kamis bahwa kelompok teroris ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Sekretaris jenderal kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran mengatakan mereka yang mengobarkan api kerusuhan baru-baru ini di Iran harus bertanggung jawab atas serangan mengerikan yang mematikan itu.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Turki di mana Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu memposting tweet yang isinya mengecam serangan teror di kuil Syiah.

Finlandia melalui Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto mengambil sikap yang sama, mengutuk keras serangan dan terorisme dalam bentuk apa pun. Dia menyatakan penyesalan yang dalam atas serangan itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA