Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Akui Pemerintahan Raja Charles, NSW Ubah Hari Libur Ratu sebagai Hari Libur Raja

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 29 Oktober 2022, 07:57 WIB
Akui Pemerintahan Raja Charles, NSW Ubah Hari Libur Ratu sebagai Hari Libur Raja
Raja Charles III/Net
Pemerintah New South Wales dalam keputusan terbarunya telah menetapkan akhir pekan panjang Juni yang sebelumnya dikenal dengan hari libur umum Ulang Tahun Ratu menjadi hari libur umum Ulang Tahun Raja.

Peraturan yang sebelumnya diatur dalam Undang-Undang Hari Libur Umum 2010 itu diubah sebagai bentuk pengakuan atas pemerintahan Raja Charles III dan berlaku efektif pada tanggal 13 Januari 2023.

Terlepas dari perubahan nama, jatuhnya hari libur tidak berubah yaitu tetap pada Senin kedua bulan Juni setiap tahun. Sementara itu Ulang tahun Raja Charles yang sebenarnya adalah 14 November.

Menteri Hubungan Kepegawaian Damien Tudehope mengatakan dengan sedikit kesedihan mereka harus mengganti nama setelah kematian Ratu Elizabeth II.

"Kebanyakan orang hanya mengenal hari libur umum ini sebagai hari libur Ulang Tahun Ratu untuk setiap tahun dari 70 tahun pemerintahan mendiang Ratu Elizabeth," kata Tudehope, seperti dikutip dari 9News, Sabtu (29/10).

Meskipun tanggal lahir sebenarnya Ratu Elizabeth II adalah 21 April 1926, perayaan resmi di Inggris diadakan pada bulan Juni ketika cuaca cerah kemungkinan besar untuk Parade Ulang Tahun atau Trooping of the Colour.

Semua negara bagian di seluruh Australia, kecuali Australia Barat, memiliki hari libur umum di bulan Juni sesuai dengan tradisi kerajaan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA