Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jaga Hubungan Baik dengan Rusia, Korea Selatan Kembali Tegaskan Tidak Kirim Senjata ke Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 29 Oktober 2022, 13:51 WIB
Jaga Hubungan Baik dengan Rusia, Korea Selatan Kembali Tegaskan Tidak Kirim Senjata ke Ukraina
Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol/Net
Pemerintah Korea Selatan kembali menegaskan bahwa negaranya tidak pernah mengirimkan senjata mematikan ke Ukraina, meskipun ada permintaan semacam itu dari Kyiv.

Hal itu disampaikan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol menanggapi pernyataan terbaru Presiden Rusia Vladimir Putin, mengatakan negaranya hanya memberikan bantuan kemanusiaan dan perdamaian ke Ukraina.

"Kami telah memberikan bantuan kemanusiaan dan damai ke Ukraina dalam solidaritas dengan masyarakat internasional tetapi tidak pernah senjata mematikan atau hal-hal semacam itu," kata Yoon kepada wartawan di Seoul, seperti dikutip dari Yonhap, Jumat (28/10).

"Tetapi bagaimanapun juga, ini adalah masalah kedaulatan kami, dan saya ingin Anda tahu bahwa kami berusaha menjaga hubungan damai dan baik dengan semua negara di dunia, termasuk Rusia," tambahnya.

Sebelumnya, Putin memperingatkan bahwa Rusia menyadari keputusan Seoul untuk memberikan senjata dan amunisi mematikan ke Ukraina dan bahwa tindakan tersebut akan menghancurkan hubungan mereka.

April lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memang meminta peralatan militer dari Korea Selatan. Namun, Seoul menolak untuk memberikan dukungan militer dan mengatakan akan terus memberikan dukungan kemanusiaan ke Kyiv.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA