Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komandan IRGC Ingatkan Pengunjuk Rasa Iran: Ini adalah Hari Terakhir Kerusuhan!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 29 Oktober 2022, 20:31 WIB
Komandan IRGC Ingatkan Pengunjuk Rasa Iran: Ini adalah Hari Terakhir Kerusuhan!
Kepala Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC), Hossein Salami/Reuters
rmol news logo Di tengah aksi protes yang terus terjadi dan tak terkendali di Iran, Kepala Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) Hossein Salami turun tangan. Ia memperingatkan kepada para pengunjuk rasa bahwa Sabtu ini merupakan hari terakhir mereka turun ke jalan.

“Jangan turun ke jalan! Hari ini adalah hari terakhir kerusuhan,” kata Kepala Komandan IRGC, Hossein Salami yang dimuat Reuters pada Sabtu (29/10).

Semenjak kematian Mahsa Amini, wanita Kurdi berusia 22 tahun yang meninggal dunia di dalam tahanan polisi moral pada bulan lalu, Iran terus dicengkram oleh banyaknya aksi protes yang menyebabkan banyaknya korban jiwa.

Menurut laporan dari kelompok hak asasi manusia, setidaknya 250 pengunjuk rasa telah tewas dan ribuan orang ditangkap selama aksi protes berlangsung di seluruh Iran.

Aksi protes mematikan ini merupakan salah satu aksi yang disebut paling berani di bawah kepemimpinan ulama sejak revolusi 1979. Masyarakat mulai marah dan memberontak atas semua peraturan-peraturan ketat yang diberlakukan di republik Islam ini, yang mulai memuncak dari tragedi Mahsa Amini, yang diduga dianiaya di dalam tahanan

Sementara itu, pada Jumat,  beredar sebuah rekaman video di media sosial yang menunjukkan para pengunjuk rasa menyerukan kematian Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei dan milisi Basij, yang telah memainkan peran penting dalam tindakan keras yang terjadi terhadap para demonstran.

Kekerasan yang dialami para demonstran karena ulah aparat keamanan Teheran ini juga telah mendapat kecaman dan kemarahan dari berbagai negara di dunia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA