Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tunda Reformasi Peradilan untuk Akses Dana Bantuan UE, PM Meloni Katakan Italia Belum Siap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 01 November 2022, 14:09 WIB
Tunda Reformasi Peradilan untuk Akses Dana Bantuan UE, PM Meloni Katakan Italia Belum Siap
PM Baru Italia, Giorgia Meloni/Net
rmol news logo Kebijakan reformasi peradilan untuk memperoleh dana pemulihan pandemi dari Uni Eropa telah dihentikan sementara oleh Perdana Menteri Baru Italia Giorgia Meloni pada Senin (31/10).

Meloni menyatakan negaranya belum bisa mengikuti saran dari Komisi Eropa untuk melanjutkan reformasi yang rencananya akan mulai dilakukan tahun ini.

"Pemerintah memutuskan untuk menunda implementasi atas permintaan kantor kejaksaan," ujarnya dalam konferensi pers seperti dimuat Brussels Morning.

Dijelaskan Meloni, alasan penundaan tersebut diambil karena  reformasi yang ada sejak kepemimpinan Mario Draghi tidak menyiapkan instrumen dan sumber daya untuk menerapkan aturan tersebut.

“Pengadilan dan kantor kejaksaan kami belum siap dan ini berisiko melumpuhkan sistem peradilan kami,” tegasnya.

Menanggapi keputusan Meloni, Persatuan Hakim dan Jaksa (CSM) Italia menyambut baik langkah tersebut karena akan memberikan waktu tambahan yang diperlukan untuk mengatur kembali peradilan.

Di sisi lain, oposisi dan lobi hukum Italia menentang rencana penundaan reformasi dan mengumumkan protes terhadap pemerintah.

Menurut rencana awal, reformasi itu akan dilaksanakan pada awal November ini.

Untuk mengakses dana pemulihan krisis virus corona, Italia harus mempersingkat persidangan sebesar 25 persen dalam kasus pidana dan 40 persen dalam kasus perdata dalam lima tahun. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA