Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kamala Harris Berjanji akan Menggulingkan Iran dari Komisi Perempuan PBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 03 November 2022, 06:00 WIB
Kamala Harris Berjanji akan Menggulingkan Iran dari Komisi Perempuan PBB
Wakil Presiden AS Kamala Harris/Net
rmol news logo Aksi protes besar yang terjadi di Iran yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini dan bagaimana aparat memperlakukan hak-hak perempuan, menjadi sorotan Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Pada Rabu (2/11) ia menyatakan akan berusaha mencopot keanggotaan Iran dari Komisi PBB tentang Status Perempuan (CSW).  
“Iran telah menunjukkan melalui penyangkalannya terhadap hak-hak perempuan dan tindakan brutal terhadap rakyatnya sendiri, bahwa tidak layak untuk bertugas di Komisi ini,” kata Harris dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

Ia berjanji, Amerika Serikat bersama negara-negara lain akan memberi 'hukuman' kepada Iran dengan menggulingkannya dari badan tersebut.

Negara-negara di komisi perempuan dipilih oleh Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, yang anggotanya dipilih oleh Majelis Umum untuk jabatan empat tahum. Iran baru saja memulainya. Masa jabatan Iran baru akan berakhir pada 2026, tetapi Harris bertekad akan mengakhirinya sesegera mungkin.

Komisi itu melakukan pertemuan setiap tahun di bulan Maret untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Apa yang terjadi di Iran saat ini, sama sekali bertentangan dengan tujuan Komisi.

“Kehadiran Iran malah mendiskreditkan integritas keanggotaannya dan pekerjaan untuk memajukan mandatnya,” kata Harris.

Harris kemudian memuji keberanian orang-orang di Iran yang berani bersuara untuk menyadarkan pemerintah yang telah sewenang-wenang.

“Untuk semua yang memprotes, saya katakan lagi, kami melihat Anda dan kami mendengar Anda. Saya terinspirasi oleh keberanian Anda, seperti juga orang-orang di seluruh dunia,” kata Harris.

Amerika Serikat, yang keanggotaannya di CSW akan berakhir pada tahun depan, dan sekutu Eropa lainnya, telah memberlakukan serangkaian sanksi terhadap Iran atas pelanggarannya terhadap hak-hak perempuan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA